Polisi Amankan 33 Pendemo Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf di Jakarta

Patroli Polda Metro Jaya mengamankan puluhan pendemo UU Ciptaker. Mereka diduga kelompok anarko. Foto: Dok. Dirlantas Polda Metro Jaya.

Acuantoday.com, Jakarta- Sebanyak 33 orang diamankan jajaran Polda Metro Jaya saat aksi demo tolak Undang-undang Cipta Kerja, yang bertepatan dengan momen 1 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Ma’ruf Amin, di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (20/10).

Kendati begitu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, belum memberi keterangan lebih detail status mereka yang diamankan, baik dari kelompok pelajar, mahasiswa atau buruh.

Karena diketahui, berbagai elemen masyarakat turun dalam demo lanjutan hari ini. Dari kalangan mahasiswa, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) memboyong massa dari sejumlah kampus di Jabodetabek, Banten, Jawa Tengah hingga Sumatera. Sedangkan kelompok buruh digawangi oleh Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK).

“Yang jelas, sampai saat ini ada 33 orang yang kami amankan, garis bawahi ya, ini kami amankan bukan ditangkap,” kata Nana di Polda Metro Jaya, Selasa.

Nana menambahkan, massa gabungan yang turun aksi diperkirakan mencapai 2 ribuan orang. Meliputi 400 orang dari BEM-SI dan 1750 orang dari GEBRAK. Mereka berdemo dengan titik aksi di kawasan Patung Kuda.

“Saat ini kan aturannya selama ini untuk aksi hanya di depan sekitar patung kuda. Untuk keinginan mereka bertemu dengan pihak istana ini sedang kami sampaikan akan kami mediasi dengan pihak KSP,” kata Nana.

Dalam mengamankan aksi, Nana menyebut ada 10 ribu aparat yang dikerahkan, di samping menyiagakan 10 ribu aparar cadangan untuk mengantisipasi adanya kerusuhan, ketika aksi ditunggangi oleh mereka yang menasbihkan kelompok Anarko.(rwo)

Comments

comments