Polisi Bekuk Penyebar Foto Kolase Tak Senonoh Wapres, Ternyata Ini Motifnya

Wakil Presiden Ma'ruf Amin./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Bareskrim Polri akhirnya menangkap Sulaiman Marpaung, pelaku yang mempublikasikan foto kolase Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dengan bintang film porno Jepang Shigeo Tokuda alias Kakek Sugiono di akun facebook anonim bernama Oliver Leaman S.

Sulaiman diketahui menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanjung Balai, Sumatera Utara. 

“Hari ini Jumat tanggal 2 Oktober 2020 telah dilakukan penangkapan terhadap pemilik akun Facebook Oliver Leaman S, atas nama SM,” kata Argo dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10).

Argo menjelaskan, dari keterangan pelaku, rasa kecewa menjadi motif pelaku menyebar foto yang dianggap menghina simbol negara. 

“Motifnya kecewa tentang pernyataan Pak Ma’ruf Amin di channel Youtube,” ungkap dia. 

Namun, Argo tak membeberkan muatan isi video yang menjadi titik berat pelaku. 

Pelaku ditangkap di kediamannya di Jalan Lobe Daud LL VI, Kramatkubah, Sei Tualangraso, Tanjung Balai Asahan, Sumut. Argo menjelaskan, penangkapan dilakukan berdasar laporan polisi dengan nomor LP/B/0561/IX/2020/Bareskrim, tertanggal 30 September 2020. 

Dari tangan pelaku, kata Argo, polisi sudah menyita alat bukti berupa ponsel dan mengamankan akun media sosial yang digunakan untuk mempublikasikan foto Wapres Ma’ruf Amin dengan artis film syur asal Jepang itu. 

Sebelumnya, pelaku melalui akun anonim tersebut mempublikasikan foto kolase yang menyandingkan Wapres Ma’ruf Amin dan Shigeo Tokuda alias Kakek Sugiono.

Dalam keterangan foto yang diunggah pelaku pada 25 September 2020, ia berkicau, tentang kekesalannya terhadap Wapres.

Atas unggahannya itu, pelaku terancam pasal 45A ayat (2) Juncto Pasal 28 ayat (2) dan Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE. (rwo)

Comments

comments