Polisi Bongkar Aborsi Ilegal di Kota Bekasi, 3 Pelaku Diciduk

Ilustrasi aborsi menggunakan media gambar./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Petugas Subdit Sumber Daya Manusia dan Lingkungan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil membongkar aborsi ilegal dan menangkap tiga orang pelaku di Pedurenan, Mustikajaya, Kota Bekasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, tempat aborsi ilegal itu menggunakan modus berkedok sebagai klinik rumahan yang dioperasikan pasangan suami istri IR dan ST di kontrakan di Pedurenan, Mustika Jaya, Kota Bekasi. 

“Dari tangan tersangka disita juga alat-alat yang digunakan untuk aborsi. Dan terlihat alat tersebut tidak steril dan asal-asalan,” kata Kombes Pol Yusri di Jakarta, Rabu (10/2).

Untuk pasien aborsi yang sudah berhasil diperiksa tentang kegiatan di TKP, jelas Yusri, para pelaku biasanya mematok harga Rp5 juta untuk bisa dilakukan operasi pengeluaran janin.

Uang tersebut, terang Yusri, oleh pelaku IR dan ST dibagi lagi dengan rekannya.

“Dari penuturan pasien, dia harus bayar Rp5 juta tapi IR dan ST hanya menerima Rp2 juta karena dibagi lagi kan,” pungkasnya.

Atas praktik aborsi yang tidak berizin tersebut, ketiga pelaku dijerat dengan pasal 194 junto pasal 35 Undang-undang nomor 36 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman diatas lima tahun dan denda Rp1 miliar. (mmu)

Comments

comments