Polisi Sebut Ada Unsur Pidana di Acara Resepsi Putri Rizieq

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus sebut ribuan dalam demonstrasi lanjutan tolak Omnibus Law di Jakarta, berhasil ditangkap. Puluhan dinyatakan reaktif virus corona. /Foto: Acuantoday.com (Rohman Wibowo)

Acuantoday.com, Jakarta–Polisi menyebut terdapat unsur pidana di acara resepsi putri Rizieq Shihab yang berlangsung di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11) lalu.

Pelanggaran yang dimaksud adalah protokol kesehatan, sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Nomor 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. 

Kepastian ini didapati setelah Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya melakukan gelar perkara kasus ini.

Dengan begitu, proses pengusutan telah naik ke tahap penyidikan untuk mencari siapa yang jadi tersangka. 

“Menurut penyidik ini sudah bisa naik ke tingkat penyidikan, berarti di situ ditemukan adanya tindak pidana,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Kamis (26/11). 

Polisi kini tengah mengumpulkan barang bukti lain dan keterangan saksi potensial untuk memperkuat proses penyidikan sehingga bisa merangkai konstruksi hukum sampai dapat menetapkan tersangka. 

Meski begitu, Yusri belum membeberkan siapa saja saksi yang akan diperiksa, apakah dari kalangan pejabat daerah, panitia penyelenggara acara hingga Rizieq selaku penyelenggara acara 

“Tim penyidik mengumpulkan lagi bukti-bukti lain, keterangan-keterangan saksi lain dan saksi ahli. Nanti akan kita panggil semuanya ya. Ini masih disusun oleh tim penyidik,” tuturnya. 

Padahal sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Tubagus, pernah mengungkapkan Rizieq berpotensi diperiksa, ketika penyidik menemukan adanya unsur pidana dalam acara kawin anaknya. 

“Nanti kalau sudah masuk sidik sudah pemanggilan, nanti baru kapasitasnya apa saksi atau tersangka kah?” ujar Tubagus beberapa waktu lalu. 

Sejauh ini sudah ada belasan orang yang dimintai klarifikasi. Dari lingkup pejabat daerah DKI Jakarta mulai dari Gubernur Anies Baswedan, Wakil Gubernur Riza Patria, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta.

Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya DKI Jakarta. Kepala KUA Tanah Abang, Camat Tanah Abang, RT, RW, Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin.

Sedangkan dari lingkar dalam acara Rizieq, penyidik Polda Metro Jaya telah memeriksa ketua panitia pernikahan, pihak vendor tenda pernikahan dan kenek pasang tenda. (rwo)

Comments

comments