Polisi Siapkan Layanan Rapid Test Antigen Gratis di Hari Natal dan Tahun Baru

Rapid Test Anigen menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mendeteksi terinfeksi COVID-19 dalam tubuh manusia. / Foto" Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, menyatakan bakal ada 30 pos pelayanan dalam Operasi Lilin 2020, sebagai upaya menjaga kondusifitas momen hari Natal dan malam Tahun Baru 2021 di Jakarta

Bentuk pengamanan, juga ditunjukkan dengan menyediakan tujuh pos pelayanan, yang tersebar di ibu kota dan 23 lainnya di kawasan perbatasan, stasiun, bandara hingga terminal bus.

Dalam pos pelayanan itu, kata Yusri pos akan disediakan layanan gratis. “Dikatakan plus, karena kami siapkan juga pos pelayanan rapid dan swab antigen gratis. Termasuk drive thru di situ. Mudah-mudahan besok sudah bisa kami dirikan, untuk membantu masyarakat,” ujar Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (22/12).

Pos pelayanan antigen itu ditangani oleh Tim Biddokkes Polda Metro Jaya, salah satu sayap organisasi kepolisian dalam bidang kesehatan. Tugasnya untuk mengetes dan mengeluarkan surat setelah tes. Jika hasil tes menunjukkan reaktif maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat.

“Kami bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana,” sambung Yusri.

Perlu diketahui, swab antigen menjadi salah satu syarat wajib bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan jarak jauh lewat transportasi udara dan kereta api.

Sejumlah daerah mewajibkan tes antigen seperti Bali, Jakarta dan Kota Bandung. Kebijakan ini dilakukan demi mengantisipasi lonjakan penyebaran virus COVID-19 saat libur panjang.

Kementerian Kesehatan menetapkan batas maksimal tes antigen di Pulau Jawa adalah Rp250 ribu, sementara untuk wilayah luar Pulau Jawa maksimal sebesar Rp275 ribu. (rwo)

Comments

comments