Polisi Surati 79 Akun Pengunggah Konten SARA

Ilustrasi-Undang-Undang ITE./Foto: web

Acuantoday.com, Jakarta—Polisi telah mengirimkan surat peringatan terhadap 79 akun media sosial yang diduga mengunggah konten mengandung sentimen suku, ras, agama, dan antargolongan (SARA).

“Sekarang sudah 79 akun yang dilayangkan (peringatan melalui) direct message. Unggahannya bermasalah,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono di Jakarta, Rabu (10/3).

Mantan Kepala Biro Pembinaan Operasi (Karobinops) Sops Polri itu menjelaskan, surat peringatan itu dikirim Polri secara virtual setelah sebelumnya melakukan pemantauan aktivitas di media sosial.

Pendekatan persuasif tersebut, ucap Rusdi, dilakukan Polri setelah adanya Surat Edaran Kapolri bernomor: SE/2/11/2021 tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat, dan Produktif.

Sehingga, ujar Rusdi, pendekatan pidana untuk sementara dikesampingkan selama akun pemilik sosial media memperbaiki konten yang diunggahnya.

“Sebenarnya kalau kita saklek, sudah pidana saja itu. Tapi, di sinilah kebijakan polisi. Ketika melihat masyarakat sudah terlibat tindak pidana, itu diingatkan,” ujarnya.

Rusdi menjelaskan, unggahan yang rata-rata terkena teguran adalah mereka yang memiliki sentimen pribadi terhadap persoalan tertentu, sehingga muatan yang diunggah rentan melewati batas yang diperbolehkan UU ITE.

“Tentunya ini yang perlu dicermati. Kadang masalah pribadi saja dibawa ke media sosial,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments