Politisi PDIP Ingatkan Erick Thohir Fokus Kerja, Bukan Pencitraan Pilpres

ujar Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Erick Thohir./Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Menteri BUMN Erick Thohir diminta fokus bekerja sebagai bawahan Presiden Joko Widodo. Peringatan Adian ini selaras dengan gerakan Erick Thohir untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Saya kira peringatan Sekjen PDI Perjuangan tidak bisa dianggap angin lalu. Karena tentu Sekjen PDI Perjuangan telah melakukan verifikasi berlapis terhadap semua informasi dan data dari berbagai lapisan masyarakat di berbagai daerah,” ujar Politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (30/10).

Menurut Anggota Komisi VII DPR RI ini, manuver Erick Thohir lewat relawannya beberapa waktu lalu sudah diingatkan oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto agar kabinet kerja Jokowi di periode kedua tidak terganggu oleh imajinasi menteri yang berambisi maju di Pilpres 2024.

Adian yang juga Sekretaris Jenderal Perhimpunan Nasional Aktivis 98 (PENA’98) meyakini Sekjen PDIP pasti memiliki banyak mata dan telinga untuk mendapatkan informasi, baik secara formal maupun informal, secara struktural maupun non-struktural. Bahkan, peringatan serupa pernah disampaikan Hasto jauh hari sebelumnya, yakni menjelang pelantikan kabinet 2019 lalu.

Buat Anggota DPR RI ini, dua peringatan yang sudah disampaikan dan tidak disikapi dengan serius oleh Erick Thohir, maka tidak menutup kemungkinan pernyataan politik menjadi tindakan politik konstitusional, dalam beragam bentuknya.

“Mungkin apa yang dialami oleh menteri sebelumnya bisa dipetik menjadi pelajaran. Peringatan ini tentunya berangkat dari upaya Sekjen PDI Perjuangan untuk menjaga Presiden dari potensi potensi negatif yang merugikan akibat ambisi menteri tersebut,” jelasnya.

Dicontohkan Adian soal manuver Erick Thohir terlihat pada program-program yang tidak lebih dari gimmick, tanpa dampak positif yang bisa dirasakan rakyat. Apalagi dalam situasi pandemi Corona saat ini.

“Siapa Menteri yang dimaksud Sekjen PDI Perjuangan? Menurut saya barangkali Menteri tersebut boleh jadi mengarah pada Erick Thohir,” ucapnya.

Lebih jauh itu, manuver Erick Thohir ini bisa dilihat di berbagai kanal media, seperti terbentuk relawan pendukung Erick Thohir, adanya deklarasi Erick for Presiden 2024 yang kemudian ada pembagian sembako, dan beras dalam bungkus yang berisi tulisan terkait pencapresan Erick di 2024.

Adian mencontoh dalam satu bulan terakhir ini ribuan spanduk puja puji terhadap Erick Thohir bertebaran di berbagai kota. Iapun berseloroh spanduk Erick Thohir itu jangan-jangan secara jumlah mengalahkan spanduk kampanye masker Presiden.

“Ambisi Menteri menuju 2024 sebaiknya diredam dulu, agar kabinet tetap solid, tidak saling intip serta berujung saling jegal dan menuai pro kontra yang tidak perlu terjadi di saat ini,” pungkasnya. (rht)

Comments

comments