Polri Gelar Apel Besar Siapkan Keamanan Pilkada dan Tahun Baru

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. /Foto: Humas Polri

Acuantoday.com, Jakarta-Mabes Polri menggelar Apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 2020, yang diikuti 34 Kapolda dan 493 Kapolres secara virtual.

Komando yang diinstruksikan adalah memastikan penegakkan protokol kesehatan Covid-19 di sejumlah momen besar, mulai dari Pilkada Serentak 2020 hingga Natal dan Tahun Baru 2021.

“Apel ini berkaitan dengan penanganan Covid-19, tentunya penekanan dari UU bahwa para Kapolda harus menegakkan protokol kesehatan,” kata kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono di Mabes Polri, Rabu (25/11).

Dengan instruksi jelas ini, kata dia, tidak ada lagi keraguan, bersama TNI, Satpol PP, dan tokoh masyarakat dalam akan menegakkan protokol kesehatan.

Dalam kaitan peran kepolisian saat Pilkada, Argo meneruskan pesan Kapolri Idham Aziz.

Dikatakan, setiap anggota Polri harus bersikap netral dan dilarang bermain politik dengan mendukung salah satu pasangan calon.

Seruan kenetralan Kapolri ini mesti tertanam di kepala para Kapolda dan Kapolres yang ada di lokasi penyelenggaraan, yang tersebar di 270 kabupaten kota.

“Tentunya penekanannya adalah netralitas harga mati, tentunya anggota kepolisian yang melaksanakan pelanggaran akan ditindak tegas,” ujar Argo.

Hal ini penting, mengingat kepolisian juga berperan dalam melaksanakan pengamanan TPS, surat kotak suara, perhitungan suara, dan tahapan lainnya dalam pilkada.

Terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021, Argo menekankan Operasi Lilin yang bakal berlangsung mulai 23 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, mesti mengedepankan sikap simpatik, bukan represif.

“Misalnya, ada masyarakat yang menggunakan kendaraan yang melintas di jalan, seandainya tidak menggunakan masker, ya nanti kepolisian kerja sama dengan instasi terkait, kita akan menyediakan dan memberikan masker,” katanya.

Bukan hanya masker dan handsanitizer, polisi bersama instansi lainnya, bahkan juga akan memberikan Sembako.

Dalam Operasi Lilin nanti, sebanyak 191.584 personel dikerahkan. Selain itu, Polri menyediakan 4.216 pos pelayanan dan pos pengamanan di seluruh Indonesia. (rwo)

Comments

comments