Polri: Kasus Makar Eggi Sudjana Dilanjutkan

Eggi Sudjana. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Polisi kembali mengusut kasus makar dengan tersangka Eggi Sudjana. Penyidikan hukum yang kaitannya soal politik Pilpres 2019 ini bakal memeriksa lagi Eggi pada Kamis (3/12) besok.

“Sekarang ini kasusnya berlanjut karena skala prioritas programnya, juga menuntaskan kasus-kasus yang lama. Menyangkut Eggi, itu masalah makar,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Rabu (2/11).

Kata Yusri, pengusutan kembali kasus makar Eggi sejalan dengan program Kapolda Metro anyar Irjen Mohammad Fadil Imran yang ingin setiap penyidikan kasus lama diproses lagi.

Kasus Eggi sendiri mandek pasca penyidik melimpahkan berkas perkara tahap I ke kejaksaan pada 2019 lalu. Di Juni tahun itu, tersangka memohon penghentian perkara.

Dalam perkara ini, dia dinilai menyebarkan kabar tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau yang tidak lengkap. Pangkalnya, dia berujar akan mengerahkan massa atau people power, bila Pilpres 2019 berujung curang dan merugikan Prabowo Subianto.

Karena itu, polisi menduganya telah melakukan tindak kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, dan atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat.

Eggi pun disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan/atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana

Perkara ini sudah berlangsung sejak 17 April 2019 dan Eggy menyandang status tersangka sejak 7 Mei, sebelum akhirnya ditahan. Namun pada 24 Juni, Eggy mengajukan penangguhan penahanan dan penyidik mengabulkannya. Sejak saat itu, ia mulai menjadi tahanan kota. (rwo)

Comments

comments