Polri Kerahkan Bareskrim Kejar 4 Pengawal Rizieq

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono dan Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad memberikan keterangan pers bersama di sela-sela kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Timika, Sabtu (28/11/2020) (ANTARA/Evarianus Supar)

Acuantoday.com, Jakarta – Bareskrim Polri menegaskan bakal ikut membantu Polda Metro Jaya dalam mengejar empat orang simpatisan Rizieq Shihab yang melarikan diri usai insiden penyerangan yang dialami polisi di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada Senin (7/12) pukul 00.30 dini hari tadi.

Dalam insiden itu, polisi klaim telah diserang oleh 10 orang dari laskar khusus pengawal Rizieq. Enam orang berhasil ditembak usai mencoba mencelakai polisi, sementara 4 orang berhasil kabur.

“Kabareskrim menyampaikan bahwa Bareskrim akan memback-up Polda Metro Jaya, mencari 4 pelaku lainnya yang melarikan diri sampai ketemu,” kata Kadiv Humas Polda Metro Jaya Irjen Pol Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Senin (7/12).

Argo juga menegaskan polisi yang menjadi korban penodongan senjata api dan senjata tajam oleh simpatisan Rizieq dalam peristiwa itu, bakal membuat laporan pengaduan ke Polda Metro Jaya.

“Ya benar. Anggota yang menjadi korban akan membuat laporan polisi,” ujar Argo.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengklaim 6 polisi saat bertugas menyelidiki pengerahan massa Rizieq diserang 10 orang. Penyelidikan diawali oleh laporan bahwa akan ada pengerahan massa saat pemeriksaan Rizieq terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang diagendakan pada Senin (7/12) pukul 10 pagi di Polda Metro Jaya.

Polisi bergerak dalam penyelidikan hingga membututi mobil simpatisan Rizieq Shihab di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50 itu. Saat proses pengintaian, mobil polisi dipepet oleh mobil yang diyakini dari bagian kelompok simpatisan Rizieq hingga laju mobil terhenti.

Polisi kemudian diancam keselamatannya dengan senjata tajam dan senjata api. Mereka akhirnya mengeluarkan tembakan ke arah simpatisan Rizieq akibat penyerangan itu hingga tewas. (rwo)

Comments

comments