Polri Tak Persoalkan Putri dan Menantu Rizieq Mangkir Penyelidikan

Polisi mengalihkan jalan KS Tubun-Tanah Abang karena gelaran hajat Rizieq Shihab, Sabtu (14/11) malam./Foto: Acuantoday.com (Rahmat)

Acuantoday.com, Jakarta- Polri tak mempersoalkan mangkirnya putri dan mantu Rizieq Shihab dalam proses penyelidikan kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan pada pernikahan keduanya.

Hal itu lantaran, delik hukum dalam kasus tersebut belum kuat dan ditambah belum adanya putusan penyelidikan yang mengikat secara hukum, misal ditemukan adanya unsur pidana dan adanya penetapan tersangka.

Terlebih, polisi masih merujuk istilah klarifikasi dalam proses penyelidikan kasus ini, ketimbang memakai frasa pemeriksaan. Alhasil, penerapan hukum terkait mangkirnya seorang saksi berdasar KUHAP, juga belum bisa diperkenankan.

“Dalam proses itu (penyelidikan) kami namanya masih mengklarifikasi dan mengundang istilahnya begitu. Tidak ada masalah (tidak datang), karena tidak ada konsekuensi hukum tadi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono dalam jumpa pers di Bareskrim, Senin (23/11).

Kendati begitu, kata Awi, polisi tetap merangkai konstruksi hukum dan tidak menutup kemungkinan saksi atau pihak yang enggan memberikan klarifikasi bisa terjerat hukum.

“Tapi inget penyidik membuat konstruksi hukum. Kesempatan untuk mengklarifikasi ini kan kesempatan untuk membeberkan apa yang betul terjadi sehingga jangan sampai nanti yang bersangkutan dirugikan sendiri,” papar Awi.

Dalam perkara ini sendiri, polisi tengah mengaitkan dugaan pelanggaran protokol kesehatan dengan status masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta. Bila benar ditemukan unsur pidana, maka proses hukum bakal berjalan sebagaimana yang termaktub dalam Pasal 93 Undang-undang Nomor 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Proses penyelidikan pun kemudian naik ke penyidikan untuk menetapkan tersangka yang bertanggung jawab atas pelanggaran UU tersebut.

Sejauh ini, sejumlah pejabat daerah DKI Jakarta, termasuk Gubernur Anies Baswedan dan Wakilnya Riza Patria masuk sebagai saksi dalam proses penyelidikan. Dalam kapasitas mereka, polisi mencecar kesaksian bagaimana sampai terjadinya kerumunan massa dalam acara Rizieq, ketika ibu kota tengah giat-giatnya menjalani PSBB. (rwo)

Comments

comments