Polri Waspadai Persoalan Kamtibmas dari Konflik Partai Demokrat

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. (ANTARA/HO-Polri/am.)

Acuantoday.com, Jakarta- Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono menegaskan, pihaknya tidak ikut campur konflik yang terjadi antara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Moeldoko dalam memperebutkan kursi Ketua Umum partai Demokrat.

Namun, jelas Rusdi, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memiliki tugas dan fungsi pokok yang diatur dalam undang-undang, sehingga Polri patut mewaspadai potensi meluaskan konflik politik ke wilayah kekerasan berbasis massa.

“Ada Pasal 13 UU Polri, salah satunya adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu Polri senantiasa memantau daripada permasalahan internal Partai Demokrat,” kata Brigjen Rusdi di Jakarta, Senin (8/3/2021).

Mengingat beberapa hari lalu di Deliserdang Sumatra Utara sudah terjadi gesekan antara kubu AHY dan KSP Moeldoko yang menyebabkan sejumlah orang luka-luka, terang Rusdi, Polri yang tak mengurusi politik biar bagaimanapun tetap mengantisipasi gangguan ketertiban dan keamanan di ruang publik.

“Tentunya apabila ini berdampak pada situasi Kamtibmas, Polri telah siap untuk mengantisipasinya,” pungkasnya. (Mmu)

Comments

comments