Posisi Tidur Tentukan Kepibadian Anda

Ilustrasi--sumber gambar hopkinsmedicine.org

Acuantoday.com— Bagaimana posisi tidur Anda di malam hari, apakah telungkup? Meringkuk seperti janin? Atau menyamping tegak lurus, telentang? Tahukah Anda jika posisi tidur bisa menentukan kepribadian Anda, bahkan menentukan bagaimana perasaan Anda saat bangun di pagi hari?

Menurut ahli bahasa tubuh, Robert Phipps, sebagaimana dilansir redorbit.com, posisi orang tidur di malam hari menentukan kepribadian yang mereka miliki. Dalam suatu studi baru, Phipps telah mengidentifikasi posisi tidur empat yang mempengaruhi kepribadian.

Dia menyebutkan, berdasarkan penelitian, mereka yang kerap khawatir (pencemas) adalah yang memiliki kebiasaan tidur meringkuk dalam posisi seperti janin atau fetal.

Posisi tidur ini paling banyak dilakukan oleh para penidur yang menjadi obyek penelitian. Hampir 58% tidur dengan posisi menyamping dan lutut menekuk. Semakin meringkuk, semakin nyaman. Mereka yang biasa tidur dalam posisi ini, mengaku mendapatkan tidur yang baik, dan bangun dalam keadaan fresh di pagi hari.

Posisi paling umum kedua (28%) adalah posisi log, yakni, tidur dengan posisi miring, tubuh lurus, dengan tangan di samping. Mereka umumnya memiliki karakter keras kepala. Kebanyakan tidur dalam posisi ini, merasa tubuh kaku ketika terbangun. “Terbiasa tidur dalam posisi seperti ini akan membuat berpikiran kaku dan anda menjadi tidak fleksibel. Ini berarti anda membuat sulit diri sendiri,” kata Phipps.

Posisi  yearner adalah terbanyak ketiga. Sekitar 25% orang tidur dalam posisi ini, yakni miring ke samping dengan tangan lurus ke depan. Tipe ini menurut Phipps menggambarkan seseorang yang mengejar mimpi atau dikejar-kejar. Mereka selalu mengharapkan hasil yang bagus. Mereka membangun semangat untuk menghadapai tantangan sehari-hari.

Posisi keempat adalah posisi yang dinilai paling  ’aneh’, yakni, tidur telungkup dengan tangan terentang atau freefaller. Orang-orang ini (17%), menurut Phipps, biasanya kurang memiliki kendali pada kehidupan pribadinya. Orang-orang yang biasa tidur dengan posisi demikian, mungkin terbangun dengan perasaan lelah dan tidak memiliki energy.

Menurut Robert Phipps, bagaimana anda tidur mempengaruhi bagaimana perasaan anda ketika bangun di pagi hari. “Jadi aturlah posisi tidur anda di malam hari, posisi yang baik akan menentukan bagaimana perasaan anda di pagi hari ketika bangun,” ujarnya. ***dia

 

Comments

comments