PPKM Diperpanjang, Ganjar Ajukan Tambahan Anggaran Rp1 Triliun

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memimpin rapat penanganan Covid-19 di kantornya. Foto: Humas Pemprov

Acuantoday.com, Semarang- Keputusan Pemerintah Pusat memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mendapat respons beberapa kepala daerah.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto telah mengumumkan bahwa PPKM di beberapa daerah Pulau Jawa dan Bali diperpanjang sampai tanggal 8 Februari 2021 setelah sebelumnya rencana awal hanya sampai 25 Januari 2021.

Hal ini dikarenakan masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya di daerah yang memberlakukan PPKM.

Salah satu kepala daerah yang merespons keputusan tersebut yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Pria yang identik dengan rambut putihnya ini meminta minimal anggaran Rp1 triliun diamankan untuk mengantisipasi adanya dampak-dampak dari PPKM.

Beberapa mata anggaran yang bisa dilakukan penyesuaian telah diperintahkan Ganjar untuk rasionalisasi.

“Saya minta minimal Rp1 triliun disiapkan, minimal itu. Jadi nanti bisa berkembang lagi, sambil kami memantau dampak-dampaknya. Mudah-mudahan masyarakat bisa bertahan, tapi kalau tidak, negara harus hadir membantu,” tutur Ganjar, Jumat (22/1).

Ganjar juga menambahwakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus melakukan penjajakan seperti berkomunikasi dengan pemerintah pusat terkait payung hukum rasionalisasi beberapa anggaran.

“Kami komunikasi terus dengan pusat agar mendapatkan payung hukum, apakah kita perlu refocusing dan seterusnya. Tapi sambil menunggu aturan itu, saya sudah menyiapkan dan ketika aturan turun langsung bisa dieksekusi,” jelasnya.(Alvin)

Comments

comments