Prabowo Berencana Beli Pesawat F-35, DPR Bilang Begini

Pesawat Tempur F-35./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Rencana pemerintah yang akan membeli pesawat tempur F-35 harus berdasarkan kajian dan pertimbangan matang dan sesuai kebutuhan, bukan karena tekanan.

“Yang penting, prinsipnya Indonesia tidak boleh tunduk oleh tekanan negara manapun, dan bisa membeli alusista sesuai kebutuhan,” kata Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP, Rudianto Tjen dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/10).

Rudianto juga mengingatkan agar pemerintah tidak membeli alutsista bekas.

Lebih jauh politisi asal Bangka Belitung ini, mengatakan, Indonesia memiliki pengalaman buruk dengan Amerika dalam hal pesawat tempur. Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut, maksud dari pengalaman buruk itu,

Namun, ia mengakui, pembelian pesawat itu, bisa saja dilakukan, sepanjang bisa menguntungkan Indonesia, terutama dalam hubungan baik kedua negara, dan dalam meningkatkan fungsi pertahanan.

Seperti diketahui, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berkunjung ke Amerika Serikat sejak 15 Oktober. Kunjungan itu, mendapat dukungan penuh dari Komisi I DPR, sebab selama ini Indonesia menganut politik bebas aktif atau nonblok.

“Kita bebas melakukan lobi dengan semua negara termasuk Amerika, demi keamanan global, termasuk mempererat hubungan bilateral dalam upaya menangani konflik di Laut Cina Selatan,” katanya.

Dikatakan Rudianto, kunjungan perdana Menhan Prabowo ke Amerika Serikat ini mampu memainkan perannya untuk mendinginkan suasana di Laut Cina Selatan, dengan mengadakan perundingan bersama negara-negara yang berkepentingan di wilayah tersebut.

“Ini agar perdamaian dunia terwujud dengan baik,” ujarnya. (rht)

Comments

comments