Prancis Catat “Rekor” Kasus Baru COVID-19

Tabung reaksi untuk swab hidung terlihat di lokasi tes untuk penyakit virus korona (COVID-19) di Paris, Prancis, Senin (14/9/2020)/Antara

Acuantoday.com — Kaus baru COVID-19 di Prancis”membludak” dalam 24 jam terakhir mencapai 10.593 kasus. Ini rekor tertinggi sejak pandemi COVID menghantam negara itu.

Kementerian Kesehatan Prancis, Kamis (17/9) menyebutkan, kenaikan drastis kasus baru itu terjadi setelah pemerintah menggratiskan tes COVID-19, sehingga menyebabkan lonjakan tes dan tingkat infeksi.

Sebelumnya pada 12 September Prancis mencatat 10.561 kasus baru. Rata-rata pergerakan kasus baru selama sepekan naik ke level tinggi dengan hampir 8.800.

Keputusan pemerintah menggratiskan biaya tes COVID-19 mengakibatkan antrean panjang di pusat pengujian di sejumlah kota dan kapasitas tes naik enam kali lipat dari puncak gelombang pertama virus corona. 5,4 persen dari sekitar 1,2 juta tes yang dilakukan pekan lalu hasilnya positif

Tayangan televisi memperlihatkan kekacauan di pusat pengujian di kota-kota besar, dengan warga menunggu berjam-jam dan berdesak-desakan mengantre.

Ratusan pekerja laboratorium  Kamis melakukan aksi mogok lantaran kondisi kerja yang buruk, saat sistem pengujian tidak mampu memenuhi permintaan. (Yona/Ant)

 

 

Comments

comments