Presiden Belum Kirim Calon Kapolri ke DPR, Mahfud: Belum Ada Keputusan Final

Korps Bhayangkara, Polri / Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Beberapa Anggota Komisi III DPR RI mengklaim Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan mengirim satu nama calon Kapolri ke DPR besok, Rabu (13/1) dan nama tersebut adalah Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai pengganti Jenderal Pol. Idham Azis.

Namun, klaim tersebut dibantah dengan tegas oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Lewat akun twitternya, Mahfud MD mengatakan yang diklaim oleh Anggota DPR bahwa nama Listyo Sigit diusulkan oleh Presiden Jokowi hanya tebak-tebakan semata.

“Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi,” cuit Mahfud MD di akun twitternya, Selasa (12/1).

Dikatakan Mahfud MD yang juga menjabat Ketua Kompolnas, hingga saat ini Presiden Jokowi belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR, sebab belum ada keputusan final siapa yang dipilih oleh orang nomor satu di bangsa ini.

“Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR. Belum ada yang tahu siapa calon Kapolri kita sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut,” ucapnya di tweet yang sama.

Dijelaskan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu, sejauh ini Presiden Jokowi sangat teliti dalam memutuskan satu keputusan besar, termasuk pengusulan nama calon Kapolri.

“Cara khas yang sering dilakukan Presiden dalam memilih pejabat: Meminta dibuatkan 5 draf surat pengusulan yang berisi nama-nama yang berbeda. Pada saat yang tepat beliau tandatangani salah satu sedang draf surat yang tidak ditandatangani dimusnahkan. Jadi tak ada yang tahu kecuali setelah diumumkan secara resmi,” jelasnya.

Sebelumnya, tersiar kabar Presiden Jokowi akan mengusulkan nama Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri sebagaimana disampaikan oleh Anggota Komisi III Fraksi PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan.

Politisi PDI Perjuangan ini bahkan mengakui, Listyo Sigit sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Solo satu minggu yang lalu. (rht)

Comments

comments