Presiden Brasil Disorot karena Bertemu Menlunya yang Terpapar Korona Tanpa Masker

Presiden Brasil Jair Bolsonaro membuat tanda hati saat bertemu pendukungnya disela upacara penurunan bendera malam itu, di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Istana Alvorada, Brasilia, Brasil, Jumat (24/7/2020)../Foto: Antara

Acuantoday.com, Brasilia―Presiden Brazil Jair Bolsonaro mendapat sorotan publik lantaran mengunjungi Menteri Kesehatan Jenderal Eduardo Pazuello, yang positif Covid-19 tanpa menggunakan masker.

Keduanya di kamar hotel Pazuello, terlihat dalam video yang diunggah di media sosial oleh presiden, yang pulih dari Covid-19 pada Juli.

Bolsonaro menegaskan, penyakit itu mudah sembuh dengan cepat berkat bantuan obat kontroversial chloroquine.

Bolsonaro, yang meremehkan bahaya koronavirus dan menentang aturan penguncian Covid-19 oleh gubernur dan wali kota di Brazil, memanfaatkan pertemuan itu untuk menyarankan penggunaan awal obat antimalaria chloroquine, meski para ilmuwan mengatakan itu bukanlah obatnya.

Mereka juga mengungkapkan, uji klinis chloroquine dan obat terkait hydroxychloroquine tidak menunjukkan khasiat dalam mengobati pasien Covid-19.

“Ini kasus konkret lainnya dari seseorang yang mengonsumsi chloroquine dan berhasil,” ucap Bolsonaro.

Pazuello, jenderal aktif Angkatan Darat, mengaku dirinya kelelahan pada Minggu, namun tetap bertugas pada Senin dan merasa memburuk pada malam itu, dengan sakit kepala dan demam. Keesokan harinya ia didiagnosa Covid-19.

Termasuk Pazuello, hampir separuh dari 23 anggota Kabinet Bolsonaro kini terinfeksi Covid-19, selain presiden dan ibu negara. (adi)

Comments

comments