Presiden Brazil Belum Beri Ucapan Selamat Pada Biden

Presiden Brazil Jair Bolsonaro berbicara dengan wartawan sambil memakai masker pelindung saat ia tiba di Alvorada Palace, di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di Brasilia, Brazil, Jumat (22/5/2020)/Foto:Reuters/Adriano Machado

Acuantoday.com – Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, yang dikenal dekat dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, mempertanyakan Pemilu AS telah usai atau belum.

“Memangnya sudah selesai, apakah pemilu AS sudah selesai?” kata Bolsonaro bertanya balik usai ditanyai tanggapan mengenai hasil pemilihan presiden AS, ketika berbicara di hadapan para pendukung di luar kediaman resminya, Kamis waktu setempat.

Bolsonaro sampai saat ini belum  memberikan ucapan selamat kepada presiden terpilih AS, Joe Biden.

Sikap Bolsonaro itu dapat menjadi tanda hubungannya dengan Biden  akan tidak mulus sejak awal, mengingat agenda Biden dengan Brazil akan cenderung menyasar deforestasi Hutan Amazon dan hak asasi manusia–yang menjadi polemik di bawah Bolsonaro.

Pada Selasa (10/11), Bolsonaro merujuk Biden sebagai “kandidat”, kendati kemenangan Biden telah diumumkan pada Sabtu (7/11). Ia juga menyinggung komentar yang dikeluarkan Biden dalam debat presiden, bahwa Brazil harus melawan deforestasi dengan bantuan asing atau akan menghadapi “konsekuensi ekonomi”.

“Kami melihat belakangan ini ada seorang kandidat hebat untuk kepala negara yang menyebut bahwa jika saya tidak memadamkan api di Amazon, ia akan menjatuhkan hambatan perdagangan pada Brazil,” kata Bolsonaro. (Ita/Ant/Reuters)

Comments

comments