Presiden Umumkan Enam Menteri Baru

Presiden RI Joko Widodo./Foto: Setneg

Acuantoday.com, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan reshuffle Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Dalam konferensi pers yang disiarkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12), Presiden Jokowi mengumumkan nama-nama menteri baru sekaligus alasan mengapa melakukan reshuffle kabinet.

Saat mengumumkan nama-nama menteri baru hasil reshuffle, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Saya bersama-sama dengan Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju. Saya akan memperkenalkan satu persatu,” kata Jokowi.

Pertama yang diperkenalkan Jokowi adalah Tri Rismaharini alias Risma yang ditunjuk menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Peter Batubara.

Kemudian, Presiden Jokowi memperkenalkan Sandiaga Salahuddin Uno.

“Beliau adalah dulu Wagub DKI, ketua HIPMI, saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab memimpin Kementerian Parekraf,” jelas Jokowi.

Selanjutnya, Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Berikutnya, Presiden Jokowi mengenalkan Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

“Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qoumas. beliau adalah tokoh muslim, ketua GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menag,” kata Jokowi.

“Kelima, Wahyu Sakti Trenggono. Beliau sekarang ini Wamenhan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Jokowi.

Terakhir, Kepala Negara mengenalkan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) Muhammad Lutfi yang dipercaya menjadi Menteri Perdagangan.

“Beliau sebelumnya Kepala BKPM, Mendag, kemudian duta besar RI untuk Jepang dan terakhir dubes RI untuk AS dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin kementerian perdagangan,” jelas Jokowi.

Sebelum memperkenalkan calon menteri, Presiden Jokowi menyempatkan diri mem-posting tulisan soal evaluasi dan harapan ke depannya. Jokowi mengajak untuk menatap hari esok yang lebih baik.

“Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru,” kata Jokowi lewat Instagram, Selasa (22/12/2020).

Dalam postingannya, Presidsen Jokowi memasang gambar rel kereta api berlatang-belakang sinar matahari. Tidak lupa, disertakan tulisan ‘yang baru harus lebih baik’.(har)

Comments

comments