Presiden: Vaksin COVID untuk Masyarakat Gratis

Presiden Joko Widodo

Acuantoday.com, Jakarta- Kabar gembira disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara memastikan semua lapisan masyarakat akan mendapat vaksinasi COVID-19 gratis dari pemerintah.

“Jadi setelah menerima masukan dari masyarakat dan setelah kalkulasi ulang melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara dapat saya sampaikan vaksin COVID untuk masyarakat gratis,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/12) yang disiarkan secara virtual melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Untuk itu, Presiden memerintahkan jajaran kabinet dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi di Tahun Anggaran 2021.

“Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali. Untuk itu saya instruksikan kepada seluruh kabinet, kementerian/embaga, pemda untuk prioritaskan program vaksinasi tahun anggaran 2021,” tegas Presiden Jokowi.

Secara khusus, Presiden Jokowi mengatakan intruksi telah diberikan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku bendahara negara untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain untuk penyediaan vaksin gratis.

“Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak dapat vaksin,” kata dia.

Sebelumnya, awal bulan ini Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbitkan keputusan yang menetapkan jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia.

Pada Kepmenkes HK.01.07/ Menkes/9860/2020 yang diteken 3 Desember lalu ditegaskan dua skema vaksinasi COVID-19. Yaitu vaksin gratis dan vaksin mandiri.

Vaksin COVID-19 gratis pengelolaannya diserahkan kepada Kementerian Keuangan, sedangkan vaksin COVID-19 berbayar atau mandiri diserahkan kepada Kementerian BUMN.

Saat ini, sudah ada 1,2 juta vaksin Sinovac yang tiba di Indonesia dan sedang proses uji oleh Bio Farma dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selanjutnya, akan didatangkan pasokan vaksin COVID-19 pada tahapan berikutnya.(har)

 

Comments

comments