Provinsi Jateng Siapkan Pembelajaran Tatap Muka

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta jajarannya tengah mempersiapkan pelaksanaan sekolah tatap muka. Foto: Humas Jatengprov

Acuantoday.com, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tengah mempersiapkan pembelajaran tatap muka. Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai rapat koordinasi percepatan penanganan Covid-19 di Gedung A Kantor Setda Provinsi Jawa Tengah, Senin (15/3/2021).

“Hasil rapat hari ini, yang terakhir kita coba siapkan ketentuan-ketentuan untuk kita tatap muka, sekolah tatap muka, kita lagi siapkan,” tutur Ganjar Pranowo.

Politikus PDI Perjuangan ini juga berujar bahwa rencana pembelajaran tatap muka di Jateng sudah dibicarakan bersama Bupati dan Wali Kota. Mereka diminta untuk membantu menyiapkan sekolah yang akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka.

“Tadi kita sudah bicara bersama Bupati dan Wali Kota agar mereka menyiapkan sekolah mana saja yang akan diuji coba. Belum semuanya,” lanjutnya.

Ganjar juga mewanti-wanti supaya pembelajaran tatap muka harus disiapkan secara matang agar nantinya tidak ada kendala.

Persiapan meliputi pembatasan kelas, sistem transportasi hingga fasilitas yang harus disediakan untuk protokol kesehatan.

“Sekarang kita persiapkan dulu sehingga ketika nanti katakan bulan Juli kita mau buka setidaknya kita sudah belajar betul beberapa bulan ini bahwa sekolah sungguh-sungguh siap,” tegas Ganjar.

Saat disinggung, terkait program vaksinasi kepada guru, Ganjar menjelaskan bahwa guru merupakan pelayan publik yang juga mendapatkan vaksin.

Namun, nantinya akan diprioritaskan terhadap guru yang mengajar di sekolah yang memang sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Minimal gurunya divaksin dulu, maka itu menjadi prioritas agar kita bisa memberikan sekolah-sekolah yang akan melakukan uji coba tatap muka,” pungkas Ganjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo menyampaikan bahwa rencana pembelajaran tatap muka sedang disiapkan ketentunan-ketentuan yang harus dijalankan oleh semua pihak baik sekolah, guru, mau pun siswa

“Ini baru mau dirapatkan soal sekolah yang tatap muka. Dimana, seperti apa protokol kesehatannya,” tandas Yulianto.

“Sebenarnya dengan protokol kesehatan dengan baik dan ketat itu mungkin bisa dilaksanakan. Tapi tetap harus berhati-hati,” tutupnya. (Alvin)

Comments

comments