PSM Makassar Lepas Asnawi Gabung ke Klub Korsel

Pemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) melakukan selebrasi bersama Osvaldo Haay seusai mencetak gol ke gawang Timnas Singapura dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 2-0. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Manajemen PSM Makassar resmi melepas Asnawi Mangkualam ke klub kasta kedua Liga Korea Selatan (K-2 League) Ansan Greeners, sekaligus menjadi pemain Indonesia pertama yang berkiprah di negeri ginseng tersebut.

Sebelumnya, kabar bergabungnya Asnawi ke Ansan Greeners dilaporkan media Korea Selatan KBS beberapa waktu lalu. Asnawi dikontrak selama satu musim dengan opsi perpanjangan.

Dalam laman resmi PSM Makassar, Asnawi sudah menyampaikan salam perpisahan kepada klub yang telah membesarkan namanya itu.

“Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar PSM Makassar, khususnya jajaran manajemen yang sudah mendukung dan memudahkan saya untuk mengembangkan diri dan menambah ilmu,” ujar Asnawi pada Jumat (29/1).

“Dan terima kasih juga kepada pelatih, teman-teman pemain, ofisial dan seluruh suporter pecinta PSM Makassar yang selalu mendukung saya dalam keadaan apapun. Terima kasih semua,” tambahnya.

Menurut laporan KBS, peran dari pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong turut membantu memuluskan kepindahan Asnawi. Shin memberikan rekomendasi kepada manajemen klub Ansan Greeners untuk mengikat salah satu anak asuhnya. Karena rekomendasi itu langsung dari Shin, maka klub yang berjuluk Serigala Hijau itu tak pikir panjang untuk merekrut Asnawi.

“Sebagai seorang bek, ia (Asnawi) adalah pemain dengan tekad dan semangat tinggi. Ia akan bekerja dengan baik di K-League,” kata Shin.

“Dia (Asnawi) pemain muda menjanjikan yang sudah aktif bermain untuk timnas, baik di level U-23 maupun senior. Dia berposisi sebagai bek kanan dan memiliki kemampuan bertahan yang baik dengan memanfaatkan postur tubuh,” ujarnya.

Ansan juga berharap dengan bergabungnya Asnawi, maka popularitas klub tersebut ikut meningkat di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Apalagi Ansan dikenal sebagai wilayah dengan banyak keluarga multikultural. Para pendukungnya pun bukan hanya dari warga lokal saja.(har)

Comments

comments