Punya Masalah Kulit Kering? Jangan Khawatir Ini Solusinya

Ilustrasi perawatan wajah--- sumber foto utamaspicebali.com

Acuantoday.com— Punya masalah dengan kulit kering? Jangan terburu-buru ke dokter kulit atau ke salon kecantikan. Apalagi di masa pandemic Covid 19 seperti ini. Lebih baik berusaha mengatasi sendiri di rumah dengan melakukan perawatan. Tidak juga harus menggunakan produk mahal, karena ada beberapa bahan alami yang diyakini dapat mengatasi masalah kulit kering.

Dengan rutin melakukan perawatan sendiri di rumah dengan produk alami yang murah meriah tapi efektif, selain bisa mengirit biaya juga mengusir kebosanan selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Mengutip everydayhealth, ada banyak penyebab yang mengakibatkan kulit menjadi kering, mulai dari kebiasaan mandi setiap hari (pikirkan mandi air panas dan menggosok tubuh hingga kering dengan handuk) dan cuaca dingin hingga kurangnya minyak alami di kulit Anda seiring bertambahnya usia.

Mengapa memilih perawatan kulit kering alami daripada membeli produk?

Mengingat banyaknya produk kulit yang tersedia, pengobatan alami mungkin patut dicoba, kata Christine Poblete-Lopez, MD, Direktur Program Residensi dan Wakil Ketua Departemen Dermatologi di Klinik Cleveland di Ohio.

Minyak dan obat alami cenderung murni, kata Dr. Poblete-Lopez, merupakan pilihan yang lebih baik. “Produk over-the-counter lainnya dapat memiliki banyak bahan di dalamnya – itu tidak hanya mengandung produk pelembab aktif, tetapi juga memiliki pengawet. Itu sering terjadi pada produk berbahan dasar air. Produk-produk ini, bersama dengan produk yang mengandung alkohol dan wewangian, dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi, atau membuat kulit Anda kering,” jelasnya.

Seringkali merupakan ide yang baik untuk tetap sederhana dalam hal perawatan kecantikan, terutama untuk orang dengan alergi atau kulit yang sangat sensitif. Tidak seperti losion dan krim berbahan dasar air atau yang mengandung pengawet, minyak murni memiliki bahan dasar alami, menjadikannya sebagai pengobatan kulit kering yang hebat.

Bagaimana pengobatan alami dapat membantu menenangkan kulit kering dan teriritasi?

Kulit Anda secara alami menghasilkan minyak, yang disebut sebum, yang membantu melindungi kulit dari kehilangan kelembapan, tetapi tindakan sehari-hari – seperti lupa memakai pelembab atau mencuci tangan dengan sabun pengering – dapat menghilangkan minyak alami dari kulit Anda. Menggunakan minyak dapat membantu mengembalikan kemilau kulit dan melidungi kelembaban.

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, ada beberapa bukti yang mendukung gagasan bahwa minyak pohon teh dapat memperbaiki jerawat ringan hingga sedang – termasuk studi double-blind, acak, terkontrol yang diterbitkan sebelumnya dan studi percontohan tidak terkontrol Agustus 2017 yang diterbitkan di Australasian Journal of Dermatology. Namun demikian, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memulai perawatan jerawat baru.

Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat pelembab dari minyak, baik dengan sendirinya atau dengan bahan lain, untuk membuat masker atau gosok pengelupasan (peeling). Poblete-Lopez menyarankan, minyak jarak, minyak lavender, dan minyak alpukat dapat menjadi solusi alami yang baik untuk kulit kering. Namun dengan catatan selama Anda tidak memiliki kulit yang rentan berjerawat.

Minyak kelapa adalah minyak lain yang mungkin ada di lemari dapur Anda dan mungkin juga pilihan yang baik bagi mereka yang tidak rentan berjerawat. Orang dengan dermatitis atopik —sejenis eksim dan kondisi kulit alergi yang ditandai dengan kekeringan dan gatal — mendapatkan hasil yang sangat baik saat mereka menggunakan minyak kelapa murni pada kulit mereka.

Aloe vera, tanaman dengan khasiat penyembuhan alami, juga bisa dimasukkan ke dalam minyak dan digunakan sebagai pelembab alami. Berdasarkan penelitian sebelumnya, gel lidah buaya mengandung mucopolysaccharides, yang membantu mengunci kelembapan ke dalam kulit dan menjadikannya bahan perawatan kulit pelembab alami lainnya yang perlu Anda coba.***dian

 

 

Comments

comments