Ramadan Tahun Ini Pusat Perbelanjaan di Kota Bandung Boleh Beroperasi

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah saat dialog dengan insan pers

Acuantoday.com, Bandung – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) menyampaikan bila Ramadan tahun 2021 ini mal dan pusat perbelanjaan bakal dibolehkan beroperasi.

Kepala Disdagin Elly Wasliah mengatakan meski dibolehkan operasional namun ada beberapa catatan yang harus dipatuhi oleh para pengelola mal dan pusat perbelanjaan terutama yang berada di Kota Bandung.

“Kami harap Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPPI) dan juga Asosiasi Penguasa Ritel Indonesia (Aprindo) ikut mengawasi khususnya soal penerapan protokol kesehatan,” ujarnya, Senin (22/3).

Elly meminta para pengelola tetap disiplin terhadap protokol kesehatan. Sebab, Disdagin selalu menurunkan petugas untuk mengawasi kedisiplinan mal ataupun ritel dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Ada petugas dari Disdagin mewakili Pemkot Bandung yang turun ke lapangan untuk mengawasi apakah para pengelola itu dari kapsitas, jam oeprasional dan protokol kesehatan jangan sampai ada pelanggaran, nanti juga apalagi saat ramadan,” jelasnya.

Pihaknya, kata Elly, terus mengupayakan program vaksinasi menyasar sektor pelayanan tanpa terkecuali bagi pegawai mal atau pusat perbelanjaan, ritel dan para pedagang pasar menjelang Ramadan.

“Hingga saat ini kami sudah melaksanakan vaksinasi di 3 pusat perbelanjaan atau mal. Di pasar modern 1.453 sasaran. Kami juga sudah berikan vaksin ke pedagang pasar tradisional. Data terakhir, ada sebanyak 968 orang yang menjadi sasaran,” terang Elly.

Menurut Elly, vaksinasi di pusat perbelanjaan ini  bukan hanya sebatas upaya menekan penyebaran Covid-19 semata. Namun langkah tersebut guna memulihkan pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung.

“Vaksin ini juga untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan berbelanja. Apalagi nanti saat Ramadan bisa menjadi momentum untuk pemulihan ekonomi di Bandung,” harapnya. (dila)

Comments

comments