Rambut Rantok Berlebih, Ini 15 Cara Mengatasinya

Ilustrasi rambut rontok-- sumber foto freemalaysiatoday.com

Acuantoday.com— Banyak orang, baik itu  perempuan maupun laki-laki, stress jika mengalami rambut rontok berlebih. Tak heran kalau aneka produk mengatasi rambut rontok yang ada dipasaran laris-manis. Namun sayangnya, tidak selalu produk-produk tersebut dapat mengatasi problem kita. Bahkan kalau salah pilih produk, malah bukannya menghentikan kerontokan rambut melainkan masalah kita bertambah. Misalnya, kulit kepala menjadi kering.

Yang terbaik adalag datanglah kepada ahlinya untuk berkonsultasi. Nanti ahli akan mendiagnosa penyebab kerontokan rambut yang Anda alami.

Berikut paparan WebMD tentang menggunakan produk alami untuk mengatasi kerontokan rambut.

1.Jus bawang

Idenya adalah bahwa sulfur dalam jus bawang merah membantu pertumbuhan kembali rambut. Tidak banyak penelitian tentang hal ini, tetapi sebuah penelitian kecil mengujinya pada orang dengan alopecia areata, yang menyebabkan rambut rontok tidak merata. Oleskan setengah jus bawang merah di kulit kepala mereka dua kali sehari; sisanya menggunakan air ledeng.

Setelah 2 minggu, 74% kelompok jus bawang merah tumbuh kembali sebagian rambutnya, dibandingkan dengan 13% pengguna air keran. Jika Anda mencobanya, Anda mungkin ingin menambahkan sesuatu yang menutupi baunya.

2.Zat Besi

Nutrisi penting ini membantu tubuh menghasilkan darah, dan kadar yang rendah terkait dengan rambut rontok. Alasan mengapa, tidak jelas Tetapi pastikan Anda makan banyak makanan kaya zat besi seperti daging, ikan, unggas, tahu, brokoli, dan semua jenis sayuran. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum minum pil zat besi. Terlalu banyak bisa menyebabkan muntah dan sembelit. Dosis yang sangat tinggi bahkan bisa berakibat fatal.

3.Biotin

Beberapa dokter meresepkan biotin (a.k.a. vitamin B7) untuk rambut rontok dan mendapatkan hasil yang baik. (Ini juga baik untuk kulit Anda.) Anda mungkin mendapat banyak dari makanan yang Anda makan seperti telur, bibit gandum, dan jamur semuanya mengandung biotin dalam jumlah tinggi.

Jangan terlalu khawatir tentang mengoleskannya di kulit kepala Anda. Meskipun banyak produk rambut yang membanggakan kandungannya, tidak banyak bukti bahwa rambut rontok Anda akan terbantu olehnya.

4.Seng

Karena seng membantu sebagian besar proses dalam tubuh Anda, tidak mengherankan jika seng juga memperkuat folikel di bawah kulit kepala yang menyehatkan rambut Anda. Tubuh Anda tidak memiliki cara untuk menyimpan seng, jadi Anda membutuhkannya dalam makanan Anda setiap hari. Jika kadarnya rendah, ada beberapa bukti bahwa mengonsumsi seng dapat membantu mengatasi kerontokan rambut, namun diperlukan lebih banyak penelitian. Dokter Anda kemungkinan akan meminta Anda mencoba perawatan lain terlebih dahulu.

5.Palmetto

Dari buah pohon palem kecil datanglah obat herbal ini, yang terkadang dianggap sebagai obat ajaib pertumbuhan rambut. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa itu membuat hormon testosteron pria tidak rusak, yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Meskipun tidak jelas seberapa baik saw palmetto bekerja, kabar baiknya adalah palmetto diyakini aman, dapat dikonsumsi dengan obat lain, dan tidak membutuhkan biaya banyak untuk mencobanya.

6.Aromaterapi

Minyak cendana, lavender, rosemary, dan timi telah digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut selama lebih dari 100 tahun. Senyawa di dalamnya dianggap dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda dapat mencoba mengoleskan satu atau lebih minyak ini ke kulit kepala Anda setidaknya selama 2 menit setiap malam. Kemudian, bungkus kepala Anda dengan handuk hangat untuk membantunya menyerap. Bonus: Pijat malam ini berbau harum dan dapat membantu Anda merasa lebih rileks.

7.Silicon

Tingkat tinggi dari elemen umum ini dapat memperlambat kerontokan rambut. (Belum lagi, buat kunci Anda lebih cerah.) Anda akan menemukan berbagai jenis suplemen silikon di toko, tetapi versi buatan yang disebut asam ortosilikat (OSA) dapat diserap paling baik oleh tubuh Anda. Tetap saja, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Tidak jelas seberapa aman suplemen silikon.

8.Selenium

Beberapa suplemen pertumbuhan rambut mengandung nutrisi yang disebut selenium. Ini dapat membantu tubuh Anda melawan racun apa pun yang Anda paparkan (seperti melalui merokok atau udara kotor) dan menjaga folikel rambut Anda tetap sehat. Meskipun tikus dan tikus dengan selenium rendah mulai menjadi botak, hal ini belum terbukti pada manusia. Faktanya, terlalu banyak selenium justru bisa menyebabkan rambut rontok, sekaligus masalah pada daya ingat Anda.

9.Melatonin

Anda mungkin mengenal melatonin sebagai “hormon tidur”. Banyak orang mengambilnya sebagai suplemen untuk istirahat malam yang nyenyak atau untuk mengurangi jet lag. Tapi krim dengan melatonin juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut atau memperlambat rambut rontok. Alasannya tidak jelas, tetapi dalam sebuah penelitian, orang yang menggunakan campuran melatonin di kulit kepala mengalami lebih sedikit kerontokan rambut dalam 30 hari. Berjuang dengan ketombe? Melatonin juga bisa membantu. Seperti semua suplemen, tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu.

10.Minyak Biji Labu

Dosis harian minyak biji labu yang diminum dapat membantu mengembalikan rambut Anda. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, satu penelitian kecil menemukan bahwa pria yang mengonsumsi empat kapsul PSO setiap hari selama 6 bulan mengalami peningkatan jumlah rambut sebesar 40%. Salah satu alasan kenapa? Seperti saw palmetto, minyak biji labu dapat menghalangi testosteron berubah menjadi senyawa yang disebut DHT, yang terkait dengan rambut rontok.

11.Teh hijau

Ekstrak yang terbuat dari senyawanya dapat membantu berbagai masalah kesehatan, termasuk rambut rontok. Ini mungkin senyawa yang disebut EGCG yang membantu pertumbuhan rambut. Peneliti melihat perbedaan saat mereka memberi ekstrak teh hijau tikus botak selama 6 bulan. Tapi itu belum diuji pada manusia. Namun, gunakan suplemen teh hijau dengan hati-hati. Beberapa mengandung senyawa lain yang bisa membuat Anda sakit.

12.Platelet-Rich Plasma (PRP)

Dokter terkadang menyuntikkan plasma kaya trombosit (PRP), yang berasal dari darah Anda sendiri, untuk membantu penyembuhan setelah operasi. PRP, yang kaya akan faktor pertumbuhan, juga dapat membantu pertumbuhan rambut Anda. Anda memberikan sedikit darah, dan laboratorium memutarnya dengan mesin sentrifugal untuk menampung protein plasma yang kaya trombosit. Anda kemudian menyuntikkannya ke berbagai titik di kulit kepala Anda. Banyak orang yang mengalami PRP melihat rambut mereka tumbuh kembali – lebih tebal dari sebelumnya.

13.Asam amino

Ini adalah “blok bangunan” untuk protein. Itu membantu tubuh Anda bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa asam amino – seperti sistein dan L-lisin – memainkan peran khusus dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda. Tetapi Anda tidak perlu mengonsumsinya sebagai suplemen. Anda harus mendapatkan banyak asam amino melalui makanan yang sehat. Sumber makanan yang baik termasuk keju cottage, ikan, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging.

14.Perawatan Rambut

Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengatasi kerontokan rambut Anda sendiri dengan perubahan kecil dan mudah. Bersikaplah lembut saat Anda mencuci, mengeringkan, dan menyikat rambut. Jangan menyentak! Batasi penggunaan alat pengeriting rambut dan rol panas, yang dapat melemahkan rambut Anda (Sering kali rambut Anda dikuncir, dikepang, atau disanggul). Jika Anda merokok, sekarang saat yang tepat untuk berhenti. Pria yang merokok lebih cenderung mengalami kerontokan rambut dibandingkan mereka yang tidak.

15.Jinakkan Stres Anda

Mengalami masa sulit terkadang bisa menyebabkan rambut rontok. Cobalah untuk menguranginya dengan mengatasi stres Anda dengan lebih baik. Cobalah teknik seperti meditasi, pernapasan dalam, imajinasi terpandu, latihan relaksasi, atau berbicara dengan seorang konselor. Olahraga juga merupakan pilihan yang bagus. Semua ini mudah dipelajari dan terbukti membantu meredakan ketegangan. Perlu diingat, perawatan terbaik untuk rambut rontok Anda bergantung pada penyebabnya. Bicaralah dengan dokter Anda untuk panduan.***dian

Comments

comments