Rampas Mobil, Penagih Utang Dibekuk Polisi

Kasat Reskrim Polresta Mataram AKP Kadek Adi Budi Astawa/Foto:Antara

Acuantoday.com, Mataram – Dua orang penagih utang (debt collector) dibekuk polisi karena merampas mobil milik seorang ibu hamil.

Mereka NV (36) warga Ampenan Utara, Kota Mataram, dan LE (31) warga Praya, Kabupaten Lombok Tengah, ditahan di Mapolres Mataram.

“Mereka ditangkap karena serah terima mobil oleh korban tidak dijalankan sesuai dengan prosedur,” kata Kasat Reskrim Polresta Mataram AKP Kadek Adi Budi Astawa, Kamis (22/10).

Adi menjelaskan, keputusan terbaru Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 18/PUU-XVII/2019, menyebutkan perusahaan pembiayaan atau “leasing” tidak bisa sembarangan melakukan penyitaan secara sepihak.

“Selain itu, penyitaan harus berdasarkan keputusan pengadilan yang sah,” ujarnya.

Kedua pelaku, menurut Adi, ditangkap setelah pihak kepolisian menerima laporan korban yang mengaku mobilnya diambil paksa ketika melintas di Jalan Bung Karno, Kota Mataram.

Dari hasil pemeriksaannya, pihak kepolisian menemukan indikasi pidana dari perbuatan kedua pelaku. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka, dijerat pasal 368 Ayat 1 Jo Pasal 55 Ayat 1 KUHP atau Pasal 335 Ayat 1 tentang Pemerasan dan ancaman hukuman paling lama 9 tahun penjara. (Tita/Antara)

Comments

comments