Rekaman Kokpit Sriwijaya Air SJ-182 Terungkap

Ilustrasi Armada Maskapai Sriwijaya Air./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono menjelaskan, pihaknya sudah berhasil mengunduh data percakapan dari Rekaman Suara Kokpit atau Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air berkode SJ-182 tujuan Jakarta-Pontianak.

Salah satu temuan tersebut, ujar Alumnus Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Mesin dan Aeronautika itu, yaitu saluran 4 CVR mengalami gangguan.

“KNKT berhasil mengunduh seluruh saluran 4 CVR, tapi channel 4 CVR mengalami gangguan,” kata Soerjanto dalam keterangan persnya, Selasa (13/4/2021).

Mantan Direktur Pemeliharaan PT Eagle Air itu menjelaskan, penemuan CVR di dalam black box sendiri berkat metode pencarian yang mengandalkan penyedotan lumpur di area 90×90 meter di lokasi yang diduga tempat jatuhnya pesawat milik Sriwijaya Air tersebut.

“Kapal TSH King Arthur 8 melakukan penyedotan lumpur di pulau Lancang. CVR ini berhasil ditemukan karena ikut tersedot,” pungkasnya.

Eks Kepala Tim persiapan Pedoman Rencana Tanggap Darurat Garuda ini menerangkan, pihaknya hingga hari ini masih merampungkan investigasi dengan menggunakan kotak hitam atau black box yang sudah ditemukan.

Di dalamnya, beber Soerjanto, terdapat Cockpit Voice Recorder (CVR) yang berguna bagi analis dalam merekonstruksi rentetan kejadian prakecelakaan yang menewaskan 56 penumpang, 4 awak, dan 2 pilot pada 9 Januari 2021. (Mmu)

Comments

comments