Relawan Uji Vaksin COVID-19 AstraZeneca di Brazil Meninggal

Acuantoday.com – Seorang relawan peserta uji klinis vaksin COVID-19, yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford, meninggal. Demikian pernyataan resmi otoritras kesehatan Brazil, Rabu waktu setempat.

Pemerintah Brazil berencana membeli vaksin Inggris itu dan memproduksinya di pusat penelitian biomedis FioCruz di Rio de Janeiro.

CNN Brazil melaporkan, relawan tersebut adalah seorang pria berusia 28 tahun yang tinggal di Rio de Janeiro dan meninggal karena komplikasi COVID-19.

Universitas Federal Sao Paulo, yang membantu mengoordinasikan uji klinis fase 3 di Brazil, mengatakan komite peninjau independen merekomendasikan agar uji coba dilanjutkan.

“Semuanya berjalan seperti yang diharapkan, tanpa catatan komplikasi serius terkait vaksin yang melibatkan para sukarelawan yang berpartisipasi,” kata universitas Brazil itu dalam pernyataan.

Juru bicara Universitas Federal Sao Paulo mengatakan, sejauh ini, 8.000 dari 10.000 sukarelawan yang direncanakan dalam uji coba telah direkrut dan diberikan dosis pertama di enam kota di Brazil.

Sementara seorang sumber mengatakan kepada Reuters bahwa uji klinis mungkin akan ditangguhkan jika relawan yang meninggal itu sebelumnya mendapat vaksin COVID-19.

Sumber itu menggambarkan bahwa relawan tersebut adalah bagian dari kelompok yang diberi suntikan meningitis. (Tika/Antara)

Comments

comments