Resep Seafood Panggang Saos Padang Kreasi Chef Yuda

Seafood Panggang Saos Padang kreasi Chef Yuda--foto channel youtube Chef Yuda Bustara

Acuantoday.com— Makan apa hari ini? Cuaca mendung, suhu udara agak dingin di Jabodetabek, nikmat rasanya menyantap Seafood Panggang Saos Padang. Wow! Makanan ini biasanya mudah kita temui di tenda-tenda makan di pinggir jalan, ‘streetfood’.

Tapi sekarang lebih baik kita mencoba membuat sendiri. Resepnya disediakan oleh Chef Yuda Bustara. Kalau mau mengutip langsung sekaligus melihat cara Chef Yuda mendemonstrasikan cara membuatnya, Anda bisa langsung mengunjungi channel Youtube Chef Yuda.

‘Semua bahan seafood bisa dikasih bumbu saos padang. Sekarang ini kita menggunakan ikan gindara, udang, cumi dan kerang,” jelas Chef Yuda.

Chef Yuda Bustara

Cara Membuat:

-Potong-potong kasar cabe keriting, 3 bawang putih, 1 cm jahe dan 70 ml minyak sayur, semuanya di blend. Kalau tidak  suka pedas, buang biji cabenya. Kalau pakai food prosesor warnanya lebih pucat, tapi kalau kita uleg bumbu-bumbu itu minyaknya keluar.

-Bumbui seafood dengan ¾ sdt garam dan ¼ sdt merica bubuk. Kemudian seafood yang sudah dibumbui itu dipanggang.

Tips memotong cumi: dibelah kemudian di-scrub untuk menghilangkan kotoran di bagian dalam cumi. Kemudian cumi bagian atas diiris-iris halus tapi jangan sampai putus, tujuannya agar bumbunya cepat meresap.

“Sambil menunggu panggangan seafood matang, kita membuat saos padang dulu,” ujar Yuda.

-Iris 2 cabai merah besar, potong sesuai selera.

-Setengah bawang Bombay iris2

Seafood Panggang Saos Padang kreasi Chef Yuda–foto channel youtube Chef Yuda Bustara

-Tumis bumbu halus, minyaknya sedikit saja di api sedang, setelah itu tambahkan bawang bombay dan cabai yang sudah diiris-iris. Tumis sampai harum.

Tips: cumi jangan dipanggang terlalu lama nanti jadi kayak ‘sendal’, juga udang. Kita pastikan kerrang terbuka, artinya masih segar,

Kemudian masukkan 2 sdm saos sambal, 4 sdm saos tomat, 1sdm saos tiram, aduk aduk, kemudian masukkan 1 sdm gula pasir. Aduk aduk lalu masukkan 200 ml air. Kita masak sampai mendidih.

Seafood yang sudah matang dipanggangan, kita atur di piring.

Cara membuat saos padang kental:

Ambil mangkok kecil, masukkan ½ sdm tepung sagu dan 1 sdm air, campurkan, setelah itu kita masukkan campuran itu ke dalam saos padang yang sudah jadi kemudian aduk.

Setelah itu, kita masukkan irisan 2 daun bawang daun bawang  ke dalam saos padang.

Jika ingin lebih gurih lagi maka masukkan 1 sdm mentega, jangan lupa ¾ sdt garam dan merica sesuai selera.

Saos sudah selesai, kita bisa langsung menyiramkan ke seafood yang sudah ditata di piring. Selamat menikmati! ***dian

 

 

Comments

comments