Ringan tapi Mengenyangkan: Tofu Dingin dengan Saus Cabai Pedas

Cold Tofu With Spicy Chili Sauce atau Tofu Dingin dengan Saus Cabai Pedas--image credit Okonomi Kitchen

Acuantoday.com— Sibuk bekerja dan tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan makan malam, jangan khawatir. Berikut ini ada resep makanan dari okonomikitchen sangat mudah dibuat dan hanya perlu waktu 5 menit, ‘Cold Tofu With Spicy Chili Sauce’ atau Tofu Dingin dengan Saus Cabai Pedas.

Menurut livestrong, kandungan kalori dari ‘Tofu Dingin dengan Saus Cabai Pedas’ ini sekitar 185, dan proteinnya 15,9 gram. Resep ini sangat rendah kalori. Tofu mirip dengan keju feta, namun tofu ini adalah jenis tahu yang terbuat dari keledai, itu sebabnya kandungan proteinnya tinggi.

Tidak seperti kebanyakan makanan nabati, tofu sebenarnya adalah protein lengkap, yang artinya tofu mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh Anda.

Makanan ini sangat nikmat apalagi jika kadar kepedasannya pas di lidah.

Penulis okonomikitchen bercerita lahirnya resep ini berdasarkan pengalaman masa kecilnya dimana kakek-neneknya sering makan tofu dingin yang telah disiram saus di atasnya. Mereka berkata “Ini adalah salah satu hidangan terbaik, sangat mudah dan cepat dibuat dan cocok untuk orang malas seperti saya”.

Mereka, tambahnya, bahkan memiliki jenis makanan penutup dengan tahu wijen hitam dan kecap manis. “Saya tidak pernah menyukainya sampai saya memiliki kesempatan untuk mencoba hidangan ‘Tofu Korea Pedas’ yang disajikan dingin beberapa waktu lalu.  Sejak itu, saya suka makan tahu dingin,” ungkapnya.

Bahan-bahan yang diperlukan–image credit Okonomi Kitchen

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan:

kecap

sambal kacang  atau  gochujang

minyak wijen

cuka beras

Gula

Bawang putih

daun bawang

biji wijen

Untuk saus, campurkan semua bahan— image credit Okonomi Kitchen

“Meskipun saya menggunakan saus kacang cabai Cina, karena ini sangat terinspirasi oleh pengalaman yang saya miliki di restoran Korea, jadi saya akan menganggapnya sebagai resep saus pedas perpaduan Cina-Korea. Saya juga membuatnya dengan gochujang dan rasanya sama enaknya! Pastikan untuk mengurangi jumlahnya karena gochujang cenderung IMO yang jauh lebih pedas,” jelasnya.

CARA MEMBUAT:

image credit Okonomi Kitchen

Buka sebungkus tofu lembut dan potong sebagian (jika belum matang) dan letakkan di atas piring.

Campur semua bahan saus dan tuangkan di atas tahu.

Resep tahu tanpa masak ini sangat mudah!

Untuk membuatnya menjadi makanan yang lengkap, sajikan dengan nasi atau hidangan utama lainnya. Anda bahkan dapat menggunakan saus tofu pedas ini sebagai saus dan menambahkan beberapa tahu keras, misalnya membuat salad tahu.***dian

 

Comments

comments