Rizieq Ajukan Gugatan Praperadilan

Pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020)./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Kuasa hukum Rizieq Shihab resmi mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (15/12). 

Gugatan itu didaftarkan langsung oleh tim kuasa hukum dengan nomor register 150/Pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel. 

Alhamdulillah, hari ini selasa 15 desember 2020, Tim Advokasi HRS resmi mendaftarkan permohonan praperadilan atas penetapan tersangka dan penahanan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian kepada IB HRS dengan nomor register 150/Pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel,” kata Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar dalam keterangan tertulis, Selasa (15/12).

Upaya hukum ini, ujar Aziz, merupakan upaya hukum demi menegakkan keadilan, karena selama ini, hukum seakan berat sebelah bagi mereka yang berbeda haluan politik dengan pemerintah. Ia menyebut konteks kasus Rizieq ini sebagai kriminalisasi ulama. 

“Ini adalah upaya elegan dan salah satu ikhtiar kami untuk membela kepentingan hukum Ulama, Habaib dan Imam Besar kita IB HRS,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu, ia memohon doa masyarakat, agar proses hukum bisa berjalan berdasarkan prinsip keadilan. Sebab, upaya praperadilan jadi jalan terakhir untuk menyelamatkan Rizieq dari kasus yang membelitnya. 

“(Praperadilan) sebagai gerbang terakhir harapan masyarakat yang rindu keadilan tegak tanpa pandang bulu. Kami mohon doa dan dukungan para pecinta kebenaran dan tegaknya keadilan untuk mendukung,” imbuhnya. 

Rizieq dijerat pasal berlapis karena kasus pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi dalam acara pernikaha putrinya pada medio November lalu. Dua pasal itu ialah Pasal 216 dan 160 KUHP, yang salah satunya soal penghasutan orang untuk berbuat melanggar hukum. Ia terancam hukuman paling lama 6 tahun penjara. 

Kini, Rizieq mendekam sementara selama 20 hari di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya, usai jalani pemeriksaan polisi pada Sabtu (12/12). (rwo)

Comments

comments