Rizieq Tutupi Hasil Swab, DPR: Tindakan Berbahaya

Tersangka dugaan melawan undang-undang atau aparat berwenang, M Rizieq Shihab menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Acuantoday.com, Jakarta―Sikap Habib Rizieq Shihab yang menutupi hasil tes swabnya dinilai langkah berbahaya karena sangat membahayakan orang lain, terutama keluarga dan orang-orang dekatnya yang sempat berkontak fisik dengan dirinya.

“Dan kepada siapa saja yang dinyatakan positif namun menutupi, akan sangat berbahaya buat orang di sekelilingnya,” kata Anggota DPR RI Fraksi PDIP Rahmat Handoyo kepada wartawan, Jumat (15/1).

Menurut Rahmat, sikap seperti ini tidak bisa membantu Pemerintah dalam mengendalikan sebaran virus Covid-19, malah membahayakan orang lain. 

“Orang yang pernah kontak erat dan macam ini adalah tidak membantu pemerintah dalam pengendalian Covid-19, namun justru berbahaya buat umat sekitar maupun keluarganya.” ujarnya.

Karena itu, Anggota Komisi IX DPR RI menyarankan agar semua pihak untuk terbuka soal hasil tes swabnya demi menyelamatkan orang lain. 

“Butuh kerja sama dengan lingkungan sehingga tidak menyebarkan, serta lingkungan sekitar membantu untuk keperluan dasar lainnya ketika menjalani isolasi mandiri,” jelasnya. 

Untuk itu, lanjutnya, ia mengimbau kepada masyarakat untuk terbuka jika sudah dinyatakan positif, karena ini bukanlah aib. 

“Toh, justru harus berterus terang diberikan informasi kepada para pihak yang kontak erat untuk lebih hati-hati dan tracing dalam rangka pengendalian penyebaran Covid,” pungkasnya. (rht)

Comments

comments