Roti Ini Mirip Sekali dengan Jeruk Keprok

Roti jeruk berbentuk jeruk karya Le Thuy--sumber foto odditycentral

Acuantoday.com— Lihat gambar-gambar ini, pasti Anda mengira itu adalah buah-buahan. Tebakan Anda sama seperti banyak orang. Tapi tahukah Anda, sebenarnya itu sama sekali bukan jeruk melainkan roti yang dibuat menyerupai jeruk. Benar-benar persis, tak bercacat. Sampai detail-detail yang rumit dari sebuah jeruk pun tampak sekali.

Itulah karya Le Thuy, seorang guru asal Vietnam, yang sangat hobi membuat kreasi roti. Dikutip dari OddityCentral, Orang mengenal perempuan itu selain sebagai guru juga hobi membuat manisan. Di kalangan komunitas dimana dia tergabung, Le Thuy dikenal juga sebagai pembuat jeli dan kacang. Konon, makanan kreasinya banyak yang suka karena rasanya yang lezat.

Roti berbentuk jeruk keprok karya Le Thuy–sumber foto odditycentral

Namun baru-baru ini dia mengejutkan teman-temannya di media sosial ketika dia mengupload roti unik berbentuk persis seperti jeruk keprok. Yang membuat kagum teman-temannya, Le Thuy mampu memunculkan detail-detail jeruk hingga bagian terkecil. Luar biasa!

Bukan hanya jeruk yang dibuatnya, wanita asal kota Ho Chi Minh ini juga membuat roti berwujud kentang yang sama persis dengan kentang asli. Lengkap dengan kesan kotor pada kentang,  seolah baru diambil dari tanah.

Roti yang mirip sekali dengan kentang yang kotor karya Le Thuy–sumber foto odditycentral

Untuk memastikan bahwa jeruk keprok dan kentang itu adalah benar-benar roti, Le Thuy juga membelahnya, maka tampak lah kekhasan roti pada bagian dalam jeruk dan kentang.

Dari mana  Le Thuy mendapatkan keahliannya membuat kreasi roti luar biasa itu?

Ternyata dia belajar secara otodidak. Ia mengaku, idenya itu didapat setelah melihat seorang koki asal Singapura yang memamerkan kehandalannya membuat kreasi makanan yang bentuknya mirip sesuatu. Si koki itu mendemonstrasikan kemampuannya itu dalam rangka mempromosikan kursus memasaknya. Itu kursus masak berbayar, bukan gratis.

Le Thuy mengaku tidak mampu mengikuti kursus tersebut karena gajinya sebagai guru, kecil. Karenanya dia pun memutuskan untuk mempelajari sendiri cara membuatnya.

Roti berbentuk jeruk karya Le Thuy–sumber foto odditycentral

Le Thuy menjelajahi situs web China, Taiwan, dan Singapura untuk mencari resep roti kukus, dan bahkan, ia membuka forum berbahasa China untuk menanyakan informasi spesifik. Dia harus menggunakan Google Terjemahan untuk menguraikan resep.

Usaha kerasnya membuahkan hasil. Ia mendapatkan resepnya dan bekerja keras mencapai hasil maksimal sebagaimana yang diinginkannya. Tidak mudah memang. Tapi lewat trial and error berkali-kali, ia pun berhasil mewujudkan impiannya.

“Saya telah membuat hampir 100 jenis kue sejauh ini, tetapi saya tidak pernah gagal sebanyak ini dengan roti ini,” kata Le Thuy. “Saya gagal lebih dari 20 kali. Bentuk roti berkerut, berubah bentuk, dll. Setiap kali gagal saya menangis, dan membuang roti itu ke tempat sampah,” ucapnya.

Dari banyak kegagalan itu, akhirnya Le Thuy tahu bahwa cara membuat bakpao yang sempurna adalah dengan membiarkan adonan mengembang secukupnya, mengukusnya pada suhu dan jangka waktu yang tepat.

Tetapi hal yang paling mengesankan tentang roti kukusnya adalah eksteriornya yang berwarna-warni, yang cocok dengan jeruk keprok hingga minyak esensial yang mengilap dan ketidaksempurnaan kulit buahnya. Sangat realistis sehingga dia harus memposting video mengupas rotinya hanya untuk meyakinkan para skeptis yang menuduhnya berbohong. Setelah sukses membuat roti jeruk keproknya, Le Thuy pun memperlihatkan roti  berbentuk kentang kotor yang sangat realistis. Wow!***dian

 

Comments

comments