Rutan Polda Penuh, Rizieq Shihab Dipindah ke Bareskrim

Tersangka dugaan melawan undang-undang atau aparat berwenang, M Rizieq Shihab menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Acuantoday.com, Jakarta―Rizieq Shihab, tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan, bakal dipindahkan dari Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya ke Rutan Bareskrim Polri pada Kamis (14/1) ini. 

Di sana, Rizieq akan meneruskan sisa waktu kurungan sementara yang ditetapkan polisi hingga 9 Februari 2021.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menjelaskan, alasan Rizieq dipindahkan karena berbagai faktor, di antaranya Rutan Polda Metro Jaya sudah penuh sesak. 

Terlebih, penyidik ingin lebih dekat dengan  Rizieq agar memudahkan proses hukum. 

“Pertimbangannya, tahanan di Polda Metro Jaya terlalu padat. Sekaligus untuk memudahkan penyidik Bareskrim dalam pemberkasan kasusnya,” kata Andi saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (14/1).

Dikonfirmasi terpisah, kuasa hukum Rizieq Aziz Yanuar mengatakan, legawa dengan keputusan Bareskrim itu. 

Menurutnya, itu hak kepolisian. Kendati demikian, selama ini Rizieq belum mengeluh soal apa-apa tentang kenyamanannya ditahan di Rutan Polda Metro.

“Kami tidak tau ya alasannya kenapa dipindah. Habib Rizieq belum ada komplain selama ditahan soal gimana di sana (Rutan PMJ). Tapi kami akan terus kawal,” kata Aziz kepada Acuantoday.com

Rizieq kini tak hanya tersandung kasus pelanggaran protokol kesehatan dalam hajat pernikahan putrinya yang menyebabkan kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat, November lalu. 

Namun, dia juga terjerat dua kasus berbeda sebagai tersangka, pertama kasus kerumunan massa di Megamendung dan teranyar kasus penutupan informasi swab tes dirinya di RS Ummi, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kasus terakhir, Rizieq bahkan dijerat tiga pasal sekaligus, dia disangkakan melanggar Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU No Tahun 1984, pasal 216 KUHP dan Pasal 14 serta Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946. Ancaman hukuman penjaranya maksimal hingga 10 tahun. (rwo)

Comments

comments