Sah Rapat Paripurna DPR Setuju Komjen Sigit secara Aklamasi

Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo memberi hgormat kepada Ketua DPR RI Puan Maharani usai rapat paripurna DPR, Kamis (21/1/2021) yang memutuskan menerima Komjen Sigit sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.(Foto : Biro Pemberitaaan DPR RI)

Acuantoday,com, Jakarta- Rapat Paripurna DPR RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021) menyetujui Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani itu, semua fraksi memutuskan menerima secara aklamasi hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang dilakukan Komisi III DPR RI.

Kepada peserta sidang Puan menanyakan kesepakatan para anggota untuk persetujuan Komjen Pol. Listyo Sigit menjadi Kapolri.

“Sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi III DPR atas hasil uji kelayakan terhadap calon Kapolri tersebut dapat disetujui?,” tanya Puan. “Setuju,” jawab seluruh anggota dewan.

Dengan persetujuan rapat paripurna tersebut, maka selanjutnya hasil persetujuan dari DPR RI itu akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melantik Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

Sebelum paripurna memberi persetujuan, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni membacakan hasil keputusan uji kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. Dalam keputusan tersebut, semua fraksi di Komisi III menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang sudah memasuki masa pensiun.

“Komisi III menyadari dan memahami bahwa kecakapan integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan prasyarat multak untuk menjadi Kapolri. Atas dasar itu Komisi III DPR menyetujui untuk mengangkat Kapolri yang diusulkan Presiden RI,” kata Sahroni membacakan laporan Komisi III DPR.

Dalam laporannya, Sahroni meminta Komjen Pol. Sigit memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka perlidungan di dalam negeri. Lanjut politisi Partai NasDem itu, Komisi III DPR juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang sudah menjalankan tugasnya sebagai Kapolri.

“Terima kasih dan pengahargaan setinggi-tingginya kepada Jenderal Pol Idham Azis yang telah mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya secara profesional dan melaksakan tugasnya demi terciptanya keamanan di negeri tercinta ini,” ucapnya.

Diketahui, seluruh Fraksi di Komisi III DPR RI resmi menyetujui Komjen Pol. Listyo Sigit menjadi Kapolri untuk menggantikan Jendral Idham Azis yang akan habis maja jabatannya pada akhir Januari 2021 nanti.(rht)

Comments

comments