Sambut Libur Nataru, Basarnas Bandung Ikut Bersiaga di Kawasan Objek Wisata

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah (tengah). /Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung-Menyambut masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung ikut menyiagakan para personel di kawasan objek wisata dan jalur wisata.

Selain sebagai salah satu agenda tahunan penyiagaan personel Basarnas itu dalam rangka antisipasi ancaman bencana alam saat memasuki libur Nataru tiba karena kini bertepatan dengan masa pancaroba.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengungkapkan, Basarnas Bandung menyiagakan satu tim rescue di Posko Cikaledong (perbatasan Bandung- Garut-Tasikmalaya dilengkapi alat utama.

“Ini (penyiagaan) demi mempercepat respons time serta kesiap siagaan dari personel (SAR) jika ada daerah di Jawa Barat butuh pelayanan SAR,” ungkap Deden kepada wartawan, Kamis (24/12).

Menurut Deden, personel SAR Bandung kini sudah mulai bersiaga dan akan bertugas hingga 4 Januari mendatang.

Jadwal tersebut, lanjutnya, akan disesuaikan pada pemetaan yang tersebar di berbagai titik di wilayah Jawa Barat.

“Total ada 93 personel yang tersebar di Pos SAR Tasikmalaya, Pos SAR Cirebon dan juga KN 206 Bandung. Kami siapkan alat utama yang digunakan untuk evakusi sarana darat, sarana air,” beber Deden.

Selain itu, lanjut Deden Ridwansyah, pihak SAR Bandung juga memberikan peralatan komunikasi, peralatan medis, kemudian alatt pendukung lainnya bagi personel yang bertugas di masa libur Nataru ini.

“Selain tim yang ada diposko ada tim mobile bersiaga di Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut, Cikopo Purwakarta, Tol Cipali KM 102 dan 164, waduk Dharma Kuningan, Nagreg, Bandung,” tandasnya. (dila)

Comments

comments