Samia Suluhu Presiden Wanita Pertama Tanzania Terima Ucapan Selamat

Presiden Baru Tanzania Samia Suluhu Hassan memegang Alquran selama upacara pelantikan sebagai Presiden wanita pertama negara itu setelah kematian mendadak Presiden John Magufuli di gedung negara bagian di Dar es Salaam, Tanzania pada 19 Maret 2021. (Foto : AFP)

Acuantoday,com, Washington- Wakil Presiden AS Kamala Harris mengucapkan selamat kepada Samia Suluhu Hassan yang terpilih sebagai Presiden Tanzania.

Samia merupakan wanita pertama yang memegang jabatan Presiden di Tanzania.

Dalam komunikasi telpon pada Sabtu (20/3/2021) waktu setempat itu, Wapres AS menyatakan pemerintah Amerika Serikat siap untuk memperkuat hubungan antara kedua negara.

Harris, yang juga wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama yang menjabat sebagai wakil presiden AS, membuat komentar dalam sebuah unggahan di Twitter.

“Mengirimkan harapan terbaik kepada @SuluhuSamia setelah dia mengambil sumpah sebagai Presiden baru Tanzania – wanita pertama yang akan memegang jabatan itu. Amerika Serikat siap bekerja dengan Anda untuk memperkuat hubungan antara negara kita,” tulisnya.

Hassan, yang telah menjadi wakil presiden sejak 2015, pada Jumat mendesak rakyat negara itu untuk bersatu dan menghindari menuding setelah kematian John Magufuli, pendahulunya yang meragukan COVID-19.

Kantor Perwakilan Dagang A.S. memimpin upaya AS untuk menjalin kemitraan perdagangan dan investasi baru dengan Komunitas Afrika Timur, sebuah organisasi regional yang mencakup Burundi, Kenya, Rwanda, Sudan Selatan, Tanzania, dan Uganda.

Total perdagangan antara kedua negara adalah 462 juta dolar ( Rp6,6 triliun) pada 2019. Investasi asing langsung AS (FDI) di Tanzania adalah 1,5 miliar dolar (Rp 21,3 triliun) pada 2019, meningkat 5,2 persen dari 2018, menurut data pemerintah AS.(har)

Comments

comments