Satgas COVID-19 Kota Madiun Cek Disiplin Prokes di Hotel

Petugas Satgas COVID-19 Kota Madiun melakukan tes cepat deteksi COVID-19 dan sidak penerapan protokol kesehatan di sejumlah hotel guna mencegah penyebaran kasus konfirmasi baru di saat libur Imlek tahun 2021, Sabtu (13/2/2021). (Foto : Diskominfo Kota Madiun)

Acuantoday.com, Madiun- Satgas COVID-19 Kota Madiun, Jawa Timur melakukan pengecekkan penerapan protokol kesehatan di sejumlah hotel di wilayah setempat guna mencegah penyebaran kasus konfirmasi baru di saat libur Imlek tahun 2021.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan tak hanya memeriksa penerapan protokol kesehatan, petugas juga melakukan “rapid test” atau tes cepat deteksi COVID-19 kepada petugas hotel maupun tamu hotel.

“Kasus COVID-19 di Kota Madiun cukup terkendali belakangan ini. Hal itu dibuktikan dengan penurunan kasus konfirmasi beberapa hari terakhir. Sebaliknya, kasus kesembuhan semakin meningkat. Jangan sampai kita lengah. Prokes harus ditingkatkan,” ujar Wali Kota Maidi saat memberikan pengarahan kegiatan sidak prokes di Madiun, Sabtu malam.

Menurut dia, hotel sengaja menjadi sasaran sidak sebagai antisipasi libur panjang Imlek bersamaan dengan akhir pekan. Sebab, tak dipungkiri terdapat pengunjung yang menginap.

Wali Kota tak ingin ada penularan dari petugas hotel maupun pengunjung. Karenanya, petugas diminta melakukan pemeriksaan surat rapid bagi pengunjung luar kota dan petugas hotel. Mereka yang belum, langsung dilakukan rapid ditempat.

“Ada banyak orang luar yang ingin masuk berkunjung ke Kota Madiun. Ini harus kita antisipasi dengan surat rapid test. Kalau tidak ada kita lakukan rapid di tempat. Petugasnya juga harus seperti itu. Artinya, ini untuk melindungi kita semua,” katanya.

Ia berharap semua warga turut menjaga prokes. Pihaknya ingin semua masyarakat turut berperan agar pandemi tidak berkepanjangan.

“Vaksinasi memang mulai berjalan. Namun, protokol kesehatan tidak boleh ditinggalkan,” katanya.

Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, diharapkan kasus konfirmasi COVID-19 di Kota Madiun dapat ditekan.

Sesuai data, di Kota Madiun kasus COVID-19 hingga Sabtu (13/2) mencapai 1.238 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.066 orang di antaranya telah sembuh, 43 orang lainnya masih dalam perawatan, 45 orang isolasi mandiri, dan 84 orang meninggal dunia.(har)

Comments

comments