Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, KSP: UU Cipta Kerja Sesuai Janji Presiden

Presiden Joko Widodo saat pelantikan sebagai Presiden RI di periode kedua pemerintahannya pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 silam./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Kehadiran Omnibus Law UU Cipta Kerja dinilai bertepatan dengan janji Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan Indonesia Maju.

“Sejak awal, Presiden sudah memberi lima arahan dalam mewujudkan Membangun Indonesia Maju,” kata Moeldoko dalam siaran pers Refleksi 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf yang diterima di Jakarta, Sabtu (17/10).

Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin digelar di Gedung DPR/MPR, Jakarta pada hari Minggu tanggal 20 Oktober 2019. Acara ini menandai secara resmi dimulainya masa jabatan kedua Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Moeldoko menambahkan, saat mulai menjalankan pemerintahan, Presiden Jokowi telah memberikan lima arahan yang akan dijalankan dalam Kabinet Indonesia Maju yang dipimpinnya.

Pertama, Presiden ingin membangun sumber daya manusia sebagai prioritas. Kedua, menyiapkan infrastruktur berkelanjutan untuk menjamin konektivitas antarwilayah agar menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat.

Ketiga, terkait reformasi birokrasi, Presiden menyebut perlunya kelincahan dalam menghadapi tantangan turbulensi global yang dihadapi Indonesia saat ini.

Moeldoko menekankan UU Cipta Kerja menjadi salah satu instrumen untuk menjawab tantangan itu, termasuk juga arahan Presiden yang keempat yaitu regulasi di bidang perizinan. Arahan kelima adalah mempercepat transformasi ekonomi.

Moeldoko menegaskan dengan UU Cipta Kerja sebagai alat, Indonesia tidak lagi hanya tergantung sumber daya alam, namun mendorong tumbuhnya UMKM pada jasa modern untuk meningkatkan daya saing manufaktur.

“Wajah baru Indonesia di masa mendatang itulah yang menjadi cita-cita, menjadi janji Presiden,” ujar Moeldoko menjelaskan.(har)

Comments

comments