Scuba Dinilai Tak Efektif, Permintaan Masker Medis Tetap Stabil

Pedagang alat kesehatan di Pasar Pramuka, Jakarta./Foto: Acuantoday.com (Ahmadi Supriyanto)

Acuantoday.com, Jakarta – Berita soal masker scuba dan buff yang tidak efektif menahan laju virus, ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Bahkan, penumpang KRL sudah dilarang menggunakan dua jenis masker itu.

Namun, masyarakat kelihatannya masih belum banyak yang mengetahui tentang hal ini. 

Seperti diakui Yonas (29), dirinya baru mengetahui kalau masker kain kurang efektif untuk menahan virus. Setahu dirinya, masker yang beredar di masyarakat sudah cukup membantu dari penularan COVID-19.

“Saya punyanya, ya masker scuba ini. Tapi sehari-sekali saya cuci,” katanya.

Ia mengaku agak khawatir jika masker yang selama ini dipakainya tidak lagi efektif, maka harga masker medis di pasaran akan sulit dicari. Kalaupun ada harganya akan sangat melambung. 

Dari pantuan Acuantoday.com di pasar Pramuka, Kamis (17/9), pembelian masker medis tidak ada peningkatan akibat info ini. 

Menurut Indra Buntet, sebut saja begitu, seorang penjual alat kesehatan di kios lt.2 Pasar Pramuka, baru mendengar kabar tentang tidak efektifnya masker scuba Rabu (16/9) kemarin. 

“Iya, saya dengar juga penumpang KRL dilarang pakai scuba,” katanya.

Namun begitu, ia mengakui, sejauh ini belum ada lonjakan permintaan atas masker medis. Harga yang dipasarkan pun belum mengalami perubahan. Varian harga yang dibanderol di pasar khusus obat dan alat kesehatan ini berkisar antara Rp70-Rp150 ribu.

Harga itu, menurut dia, masih jauh lebih murah dibandingkan ketika awal pandemi. Ketika itu satu box masker bisa mencapai Rp250-300 ribu. Itupun, diakui Indra, tetap saja diborong masyarakat.

Dalam kondisi seperti saat ini, ia mengaku bisa menjual hingga 50 boks per hari. Kalau sedang ramai menembus 100 boks. 

Ia sendiri tidak terlalu khawatir harga masker akan melonjak “gila-gilaan” seperti dulu. Pasokan masker medis menurut dia sejauh ini lancar, mengingat sudah banyak produsen yang  memproduksinya. (ahm) 

Comments

comments