SD-SMP di Timika Mulai Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Acuantoday.com, Timika – Hampir seluruh sekolah, SD dan  SMP, di Kota Timika, Ibu Kota Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM), Senin (22/3.

Namun TPM  khusus bagi siswa yang akan mengikuti ujian akhir sekolah tahun ini.

Di SMP Negeri 2 Mimika, dari jumlah 454 siswa kelas IX yang akan memasuki ujian akhir sekolah, separuhnya mengikuti pembelajaran tatap muka pada Senin, Rabu, dan Jumat.  Separuh lainnya mengikuti pada  Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Mimika, Mathius Sedan, mengatakan, PT dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami di sekolah sudah membentuk Satgas COVID-19. Sebelum masuk pintu gerbang sekolah, siswa maupun guru diukur suhu tubuhnya, disediakan air untuk mencuci tangan dilengkapi dengan sabun. Siswa dan guru juga diwajibkan menggunakan masker,” katanya.

Sesuai hasil pertemuan dengan Dinas Pendidikan Mimika, pembelajaran tatap muka di sekolah hanya berlangsung selama empat jam sehari dengan dua jam mata pelajaran tanpa istirahat, masing-masing berdurasi dua jam. Pembelajaran berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 10.10 WIT.

Dia menjelaskan, dari 10 mata pelajaran yang diterima siswa SMP, hanya enam mata pelajaran diajrkan pada PTM yaitu PKN, IPS, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

Orang tua siswa , tambah Mtahius, diberi kebebasan memilih apakah anaknya dikutkan PTM ataukah mengikuti pembelajaran sistem daring.

Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Jenny O. Usmani, mengatakan  siswa yang ikut  PTM wajib mendapatkan persetujuan dari orang tua.

“Orang tua juga punya tanggung jawab mengantar jemput anaknya ke sekolah sehingga anak-anak tidak berkeliaran di sekolah,” kata dia. (Bram/Antara)

Comments

comments