Sebanyak 1.197 Orang di Solok Selatan Sasaran Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Ilustrasi - Satu botol botol vaksin virus corona Covid-19 di laboratorium./Foto: Antara

Acuantoday.com, Padang— Sebanyak 1.197 tenaga kesehatan, pejabat pemerintah dan unsur forkopimda di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menjadi sasaran vaksin Covid-19 gelombang pertama guna melawan penyebaran virus tersebut.

“Kami masih menunggu jadwal pemberian vaksin bagi nakes, pejabat daerah dan forkopimda dan juga sudah menyiapkan 12 orang tenaga khusus yang akan menyuntikkan vaksin Covid-19 tersebut,” kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman di Padang Aro, Senin.

Untuk petugas penyuntikan, diambil satu orang dari masing-masing Puskesmas ditambah dua orang dari RSUD setempat.

Sebelum memberikan vaksin, katanya akan dilakukan koordinasi dengan provinsi, Bupati serta Sekda.

Dia mengatakan 17 kabupaten/kota di Sumbar masih menunggu jadwal penyuntikan vaksin Covid-19 dari provinsi.

Sedangkan dua kabupaten/kota yang berdekatan dengan Provinsi yaitu Padang dan Pesisir Selatan sudah dilakukan vaksinasi.

Pemberian vaksin akan dilakukan dua kali dalam rentang dua pekan dan sebelum divaksin, calon penerima vaksin harus mengecek kondisi kesehatannya terlebih dahulu, serta harus memenuhi syarat.

Pasien yang pernah terkonfirmasi Covid-19 tidak akan divaksin lagi karena antibodinya sudah terbentuk di dalam tubuh.

Orang yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 ialah warga yang berumur 18 sampai 59 tahun dengan syarat tidak sedang hamil, tidak memiliki alergi berat, tidak memiliki riwayat gangguan syaraf, tidak ada kelainan penyakit berat diantaranya diabetes, ginjal, hati, dan jantung.

Sebelumnya Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan mendukung pemberian vaksin Covid-19 dan siap untuk disuntik vaksin tersebut.

“Saya selaku Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan kalau memang sudah ada jadwal penyuntikan vaksin Covid-19 saya juga siap,” katanya.

Ia mengatakan, sangat mendukung sesuatu yang baik dan demi kepentingan orang banyak, apalagi untuk mencegah penularan Covid-19 yang sampai saat ini sangat mengkhawatirkan.

Dia berharap, dengan adanya vaksinasi ini dapat mencegah penularan Covid-19 kepada masyarakat Solok Selatan. “Dengan adanya vaksin ini semoga bisa mencegah penularan Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.***dian/ant

Comments

comments