Sebanyak 4.300 Personel Gabungan Amankan Pilkada Depok dan Tangsel

Ilsutrasi - Seorang komandan pasukan sedang memeriksa jajaran Anggota Polri dalam sebuah apel upacara./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Sebanyak 4.300 personel gabungan Polri, TNI serta Satpol PP disiagakan untuk pengamanan Pilkada Serentak 2020 di wilayah Depok dan Tangerang Selatan (Tangsel).

“Ada 4.300 personel kami turunkan di dua tempat (tersebut). Ada sekitar 1.500 (personel) yang disiagakan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Rabu (9/12). 

Yusri mengatakan, pihaknya  sudah melakukan langkah pencegahan terjadinya instabilitas wilayah selama Pilkada dengan mengimbau jauh hari kepada masyarakat untuk tertib menyalurkan hak politiknya.

Polisi, katanya, juga menekankan warga yang akan menggunakan hak suaranya untuk menaati protokol kesehatan Covid-19. 

“Sudah kita lakukan secara preemtif untuk aspitasinya dalam pencoblosan dengan mematuhi aturan prokes. Petugas (TPS) pun menyampaikan aturan kegiatan pemungutan suara ini dengan prokes,” ujar Yusri.

Kondisi Pilkada 2020 sendiri diklaim relatif kondusif hingga kini, utamanya di berbagai TPS yang berlokasi di kawasan Depok dan Tangsel.

Alhamdulillah sampai siang ini masih berjalan terus, ini masih kita tunggu sampai dengan terakhir jadwal sampai pukul 13.00. Tapi laporan terakhir, kondisi TPS baik di Depok maupun di Tangsel masih berjalan sesuai rencana dan aman terkendali,” imbuh Yusri. 

Tahap pencoblosan Pilkada 2020 digelar secara serentak di 298.939 TPS yang dijadwalkan sejak pukul 07-13.00 waktu setempat. Pilkada 2020 menjadi agenda pesta demokrasi pertama di Indonesia yang berlangsung saat pandemi COVID-19. Sebanyak 100,3 juta warga tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Para pemilih tersebar di 309 kabupaten/kota, dan akan memberikan hak suaranya di 270 pilkada yang terdiri atas 9 Pemilihan Gubernur, 224 Pemilihan Bupati, dan 37 Pemilihan Wali Kota. (rwo)

Comments

comments