Sebelum Terpapar, Arief Budiman Sambangi Makassar

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman/ Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman diketahui mengunjungi Makassar, Sulawesi Selatan, sebelum terkonfirmasi positif.

“Kunjungan terakhir ke Depok dan Makassar. Di Makassar ke Unhas,” ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Aziz, Vmelalui keterangannya usai diskusi daring, Sabtu (19/9/2020).

Setelah Arief terkonfirmasi positif, Ketua KPU Sulawesi Selatan Faisal Amir juga dinyatakan positif Covid-19 juga. Sejauh ini tidak diketahui siapa yang memaparkan virus tersebut.

“Itu yang belum tahu, siapa yang tertular siapa yang menularkan,” ujar Viryan, seperti dikutip dari laman InfoPublik.

Arief termasuk pasien yang tidak mengindikasikan gejala terinfeksi COVID-19, istilahnya Orang Tanpa Gejala (OTG).

Arief diketahui tidak memiliki keluhan seperti seperti sesak nafas, batuk, dan panas. “Pak Arief OTG, keadaannya sehat, tidak ada keluhan,” ujar Viryan.

Sejak 18 September dini hari, Arief melakukan inisiatif karantina mandiri. “Tanggal 18 September dini hari sudah mulai melakukan karantina mandiri karena tidak terdapat gejala, batuk, panas, pilek ataupun sesak nafas,” katanya.

Pada Jumat pagi (18/9), Arief juga berinisiatif melakukan tes usap kepada seluruh orang yang ada di rumah dinas KPU.

“Termasuk saya melakukan tes ulang. KPU menerapkan kebijakan WFH mulai 18 sampai dengan 22 September,” ucap Arief Budiman.

Tindakan lanjutan lainnya pasca dinyatakan positif COVID-19, kata Arief, yakni melakukan sterilisasi untuk seluruh area rumah dinas dan kantor, tindakan lanjutan itu dimulai pada Sabtu 19 September 2020.

“Saya tetap menjalankan tugas dengan cara WFH, daring. Mohon doa dari semua pihak agar bisa diberikan kesehatan bagi kita semua, semoga kesehatan dan keselamatan selalu tercurahkan untuk Bangsa Indonesia,” ujarnya. (ahm)

Comments

comments