Segera ke Dokter! Ini 15 Gejala Serius yang tak Boleh Anda Abaikan

ILustrasi nyeri dada-- sumber foto WebMD.com

Acuantoday.com— Tidak ada penyakit yang datang tiba-tiba. Pasti ada gejala yang mengawalinya atau memberi tahu kita untuk waspada. Namun memang tak jarang gejala yang datang itu tak kita sadari atau pun kita abaikan.

Percaya pada insting Anda. Sebagian besar dari kita tahu kapan suatu situasi berbahaya. Jika insting atau intuisi Anda mengatakan bahwa ini serius, segera hubungi 911 atau pergi ke ruang gawat darurat terdekat.

Dikutip dari WebMD, berikut ini beberapa gejala serius yang tidak boleh Anda abaikan.

1.Nyeri dada

Jika Anda mengalami nyeri dada atau tekanan yang berlangsung lebih dari beberapa menit, atau jika muncul kembali, inilah waktunya untuk menelepon 911. Anda atau orang yang Anda cintai, tidak boleh mengemudi kendaraan sendiri jika mengalami masalah ini. Sebaiknya panggil ambulans karena memiliki peralatan khusus dan orang-orang terlatih yang dapat membantu Anda lebih cepat.

2.Sesak napas

Jika itu terjadi tiba-tiba dan menghalangi Anda dari aktivitas sehari-hari, mintalah seseorang mengantar Anda ke ruang gawat darurat. Hubungi 911 jika parah atau jika Anda juga mengalami mual atau nyeri dada bahkan pingsan. Anda bisa mengalami serangan jantung atau emboli paru (gumpalan darah di paru-paru Anda).

3.Masalah Penglihatan

Hubungi 911 jika Anda tiba-tiba mengalami penglihatan kabur, penglihatan ganda, atau kehilangan penglihatan. Itu bisa jadi tanda stroke atau penyakit serius lainnya. Anda juga harus menghubungi 911 jika Anda kesulitan melihat dan mengalami sakit kepala yang parah, mual atau muntah, mati rasa, lemas, pusing, kebingungan, atau kesulitan berbicara. Jika Anda mengalami sakit parah atau iritasi pada mata Anda, segera dapatkan perawatan darurat.

4.Luka bakar

Anda biasanya dapat mengobati luka bakar tingkat satu ringan – kemerahan, bengkak, dan nyeri di lapisan pertama kulit – di rumah. Tetapi pergilah ke ruang gawat darurat jika luka bakar terjadi di sebagian besar tangan atau di kaki, wajah, bokong, selangkangan, atau salah satu persendian besar Anda, seperti lutut atau siku. Dapatkan juga pertolongan medis darurat jika Anda mengalami lecet, bercak kulit (luka bakar derajat dua), atau jika lebih besar dari 3 inci atau hangus atau putih (luka bakar derajat tiga).

5.Muntah

Anda harus pergi ke ruang gawat darurat jika ada darah dalam muntahan atau Anda mengalami gejala lain, seperti sakit kepala parah atau sakit perut, kebingungan, atau napas cepat atau detak jantung. Seorang anak di bawah 6 tahun harus segera diperiksa jika muntah berlangsung lebih dari beberapa jam atau mereka memiliki tanda-tanda dehidrasi. Anak-anak di atas 6 dan orang dewasa harus ke dokter jika muntah berlangsung lebih dari sehari atau mereka mengalami demam tinggi (lebih dari 101 F untuk orang dewasa dan 102 F untuk anak-anak).

6.Cedera kepala

Benjolan di kepala bisa serius dan membutuhkan perawatan medis segera jika Anda pingsan, kejang, atau sakit kepala yang tidak kunjung sembuh, muntah atau mual yang terus-menerus, bicara cadel, atau Anda merasa bingung, lemah, mati rasa, atau kurang terkoordinasi.

 7.Luka Dalam

Jika Anda dapat melihat jaringan lemak kuning di bawah lapisan pertama kulit, Anda harus pergi ke ruang gawat darurat. Ini akan membutuhkan perhatian cepat jika tidak menutup atau di wajah, leher, alat kelamin, atau di persendian. Anda juga harus pergi jika Anda digigit oleh seseorang atau hewan, dilukai dengan benda yang kotor atau berkarat, atau Anda mengeluarkan darah yang parah atau benda asing tersangkut di luka.

8.Sakit perut

Jika berlangsung lebih dari 30 menit – terutama jika tiba-tiba dan intens – Anda harus mencari perawatan medis darurat. Nyeri yang tidak kunjung membaik atau terjadi dengan muntah bisa menjadi sesuatu yang serius seperti radang usus buntu, yang mungkin perlu keluar dengan sangat cepat.

9.Nyeri atau Pembengkakan Testis

Ini bisa disebabkan oleh cedera atau infeksi, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya masalah serius di perut Anda. Dapatkan perawatan segera jika rasa sakitnya parah atau datang dengan cepat, atau Anda mengalami mual, muntah, demam, atau merasakan benjolan di skrotum Anda. Hal yang sama berlaku jika Anda masih merasakan nyeri satu jam setelah cedera atau skrotum Anda merah atau bengkak.

10.Demam Tinggi

Jika bayi berusia kurang dari 3 bulan memiliki suhu lebih dari 100,4 F, mereka harus segera diperiksa. Hal ini juga berlaku untuk anak berusia antara 3 bulan dan 3 tahun dengan demam 102,2 F dan orang dewasa dengan demam 104 F atau lebih tinggi.

11.Kebingungan atau Kesulitan Berbicara

Ini adalah dua gejala stroke yang paling umum. Jangan ambil risiko – segera hubungi 911. Perawatan dan pemulihan Anda sangat bergantung pada seberapa cepat Anda mendapatkan perawatan medis. Gejala stroke lainnya mungkin termasuk masalah berjalan atau keseimbangan mendadak, sakit kepala hebat, terkulai di satu sisi wajah Anda, dan mati rasa atau kelemahan di satu sisi tubuh Anda.

12.Patah Tulang

Jika Anda merasa patah tulang, segera temui dokter. Ini adalah situasi darurat jika tulang menusuk kulit Anda, atau jika bagian tubuh yang cedera terlihat berubah bentuk atau mati rasa atau kebiruan. Ini juga berlaku jika ada tulang di leher, kepala, atau punggung Anda, atau ada pendarahan hebat.

13.Kejang

Jika Anda belum pernah mengalaminya, sedang hamil, atau menderita diabetes, kejang memerlukan perawatan medis darurat. Jika Anda tahu Anda memiliki kondisi yang menyebabkan kejang, ikuti perintah dokter Anda. Tetapi hubungi dokter Anda jika Anda mulai mengalami lebih banyak kejang atau memiliki gejala lain yang menyertainya.

14.Pendarahan Vagina Selama Kehamilan

Itu tidak selalu merupakan pertanda sesuatu yang serius, terutama bercak atau pendarahan ringan pada trimester pertama. Tetapi Anda harus mencatat gejala Anda dan menghubungi dokter Anda. Segera dapatkan perawatan medis jika Anda mengalami pendarahan hebat atau Anda juga mengalami kram, pusing, atau nyeri di perut atau panggul.

15.Kasus Khusus: Pengobatan Pengencer Darah

Bahkan cedera ringan bisa menjadi serius jika Anda mengonsumsi pengencer darah. Hubungi 911 jika Anda mengalami cedera dan detak jantung atau pernapasan Anda menjadi cepat atau Anda kesulitan bernapas, sakit kepala, atau merasa mengantuk, pingsan, atau pusing. Selain itu, memar yang membesar atau lebih menyakitkan mungkin merupakan tanda perdarahan internal dan berarti Anda harus mendapatkan perawatan darurat.***dian

Comments

comments