Selama 2 Bulan, Polri Amankan Ribuan Ekstasi dan Puluhan Kilogram Sabu

Polda Metro Jaya dalam 2 bulan terakhir mengamankan 16 tersangka dengan total barang bukti puluhan kilogram sabu dan ribuan ekstasi. Foto: Rohman Wibowo/Acuantoday.com

Acuantoday.com, Jakarta- Selama dua bulan terakhir saat pandemi COVID-19, Polda Metro Jaya berhasil mengamankan 16 tersangka kasus narkoba dengan total barang bukti 7.388 butir ekstasi dan 66,8 kg sabu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pengungkapan besar kasus narkoba itu merupakan akumulasi penindakan yang dilakukan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Jumlah tersangka yang diamankan seluruhnya ada 16 tersangka. Ini pengungkapan cukup besar dari beberapa wilayah dan ini gabung jadi satu. Dari mereka, ditotal ada ribuan ekstasi dan puluhan kilogram sabu,” ucap Yusri saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Rabu (7/10).

Ia mengurutkan pengungkapan kasus terbesar terjadi di Deli Serdang, Sumatera Utara dengan temuan 42 kilogram sabu beserta 3 orang tersangka.

Kasus berikutnya mengamankan sabu seberat 4,2 kilogram pada pertengahan September 2020 dari dua orang tersangka.

Selain itu, pengungkapan kasus juga terjadi di lingkungan bandara. Polresta Bandara Soekarno-Hatta berhasil mengamankan 9,2 kilogram sabu dan 3 orang tersangka.

Yusri menuturkan, pengungkapan kasus paling menantang, ialah saat tim gabungan dari Polres Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Tangsel mengamankan sabu 10,2 kilogram, 7.330 butir ekstasi di Jakarta.

Pasalnya, delapan orang tersangka berhasil terjaring dengan modus pengederan narkoba dibungkus teh China. “Jadi ini hampir modus semua berkamuflase dengan menggunakan bungkus teh China. Ini kita amankan selama 2 bulan,” tuturnya.

Atas perbuatannya, total 16 tersangka ini dijerat Pasal 114 subsider Pasal 112 dan Pasal 137 UU 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling minim 5 tahun dan maksimal hukuman mati.(rwo)

Comments

comments