Semua Camat di Bandung harus Menganalisa Sebelum Karantina Wilayah Berlaku

Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Oded M  Danial

Acuantoday.com, Bandung – Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Oded M  Danial meminta semua Camat dan Satuan Tugas (Satgas) ikut menganalisa terkait kasus Covid-19.

Oded M Danila menilai jika analisa penting untuk dilakukan sebelum usulan karantina wilayah berlaku di Kota Bandung demi mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 serta menguatkan kebijakan PPKM saat ini.

“Semua tim di lapangan perlu menganalisa situasi terkini. Hal itu berkenaan dengan tingkat kebutuhan penanganan pembatasan aktifitas agar bisa lebih secara cermat dan sasarannya terfokus,” ujarnya, Sabtu (6/2).

Oded menambahkan para Camat dan tim Satgas Covid-19 dilapangan lebih paham situasi terbaru. Sehingga, saat karantina wilayah benar benar dipilih dan berjalan di Kota Bandung semuanya sudah siap.

“Karena tidak semua kecamatan sama persoalannya. Kalau kecamatan sudah mendekati (kasusnya) pada level kuning dan sudah bagus, untuk apa kebijakan karantina dipaksakan,” ucap Wali Kota Bandung itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta ada strategi yang diubah untuk penanganan kasus Covid-19.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna menyebut karantina hanya akan dilaksanakan di beberapa wilayah lokasinya ditentukan oleh Satgas di level kecamatan atau kelurahan.

“Karantina wilayah pada prinsipnya bottom up. Jadi tidak seluruh Kota Bandung itu masuk kategori karantina. Tapi, nanti, masing-masing kelurahan atau kecamatan yang mengusulkan,” jelas Ema Sumarna. (dila)

Comments

comments