Senangnya Melihat ‘Bule-bule’ Berbatik Ria

Pemuda Rusia ikut berbatik ria di Hari Batik Nasional (ANTARA/KBRI)

Acuantoday.com— Melihat ‘bule-bule’ mengenakan baju batik, terasa menyenangkan. Pemandangan sedap di mata itu terjadi di Rusia juga sejumlah negara di Eropa ketika Hari Batik Nasional. “Mereka ikut mengenakan pakaian batik ketika Hari Batik Nasional,” ujar Enjay Diana, Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Moskow kepada Antara London.

Mereka, tambah Enjay Diana, adalah generasi muda Rusia sahabat Indonesia atau Indonesianis yang mengagumi budaya Indonesia. Di Hari Batik Nasional, para Indonesianis ini membuat acara dengan berjalan-jalan di Moskow dengan berpakaian batik. Mereka antara lain mengunjungi taman VDNH atau All-Russian Exhibition Center.

Maria Yarovitskaya, anggota sanggar seni Kirana Nusantara Dance KBRI Moskow asuhan Elisabeth Nurnilasari, staf KBRI Moskow, mengatakan dia bersama teman-temannya berkumpul untuk membuat video dan berfoto secara khusus dalam rangka Hari Batik yang diperingati tiap 2 Oktober.

“Kami sepakat pergi ke VDNH untuk pengambilan video dan berfoto di beberapa lokasi. Karena hari sudah sore dan sudah mulai gelap, kami mencari tempat yang terang, seperti di pintu gerbang utama, paviliun pusat, dan air mancur Persahabatan Rakyat,” ujar Maria Yarovitskaya.

Maria Yarovitskaya ditemani Ekaterina Kamilova, alumni program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) Kementerian Luar Negeri RI dan anggota sanggar seni Gamelan Dadali KBRI Moskow asuhan Tri Koyo, staf KBRI Moskow, Aleksandr Berezkin dan Daniil Gribanov yang juga anggota Gamelan Dadali.

Selain itu, ada juga Olga Rebrova, anggota Kirana Nusantara Dance dan peserta kursus Bahasa Indonesia di KBRI Moskow, serta Anna Lashina. Semuanya berbusana batik dengan berbagai corak.

Kuasa Usaha Ad Interim yang juga Wakil Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Azis Nurwahyudi, mengatakan batik semakin di kenal di Rusia. KBRI Moskow senantiasa mempromosikan batik di berbagai kesempatan, antara lain festival-festival.

Menurut Azis Nurwahyudi yang sering mengenakan pakaian batik dalam bekerja atau menghadiri suatu acara atau pertemuan, terdapat warga Rusia yang mengenakan batik saat menghadiri pertemuan yang diadakan KBRI Moskow.***dian

Comments

comments