Senator Dukung Penegakan Kedaulatan di Perbatasan RI-PNG

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat meninjau pos lintas batas negara (PLBN) wilayah perbatasan Republik Indonesia dengan Papua New Guinea (PNG) di Distrik Muara Tami, Kampung Skouw Kota Jayapura, Selasa (2/2/2021). (Foto : Biro Pemberitaan DPD RI)

Acuantoday.com, Jayapura- Rombongan senator Indonesia mengunjungi wilayah perbatasan Republik Indonesia dengan Papua New Guinea (PNG) di Distrik Muara Tami, Kampung Skouw Kota Jayapura, Selasa (2/2/2021).

Rombongan yang dipimpin Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti itu sempat menengok Jembatan Merah Hamadi yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo itu, mengatakan mendukung penegakan kedaulatan negara.

Ia pun menilai pengiriman pasukan TNI ke wilayah perbatasan Papua untuk pengamanan adalah langkah tepat.

“Langkah TNI Yonif PR 501/BY Kostrad, Madiun, Jawa Timur, yang mengirimkan pasukan ke Intan Jaya dalam operasi Pengamanan Perbatasan RI-Papua New Guinea adalah tepat,” kata LaNyalla dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai bentuk penegakan kedaulatan dan melindungi keselamatan negara, serta mempertahankan keutuhan seluruh wilayah NKRI

Hanya saja, Senator asal Jawa Timur itu mengingatkan agar personel TNI tidak melakukan penggaran HAM.

“Dalam melakukan operasi, seluruh personel TNI jangan sampai melakukan pelanggaran HAM agar tidak menjadi bumerang. Dan sedapat mungkin mempertimbangkan dampak buruk yang mungkin terjadi,” katanya.

Mantan Ketua Umum PSSI itu mengatakan, yang terpenting adalah menjaga soliditas antar anggota pasukan.

“Dan jangan lupa untuk selalu memohon pertolongan Tuhan agar kita mampu melewati hal yang tersulit dan saling menjaga keamanan dan keselamatan personel pasukan,” katanya.

LaNyalla pun berharap TNI bisa mendekatkan diri ke masyarakat agar seluruh tugas bisa berjalan dengan lancar.(rht)

Comments

comments